17 July 2019

Ekonomi Terpuruk: Lawan Jokowi bukan Prabowo, melainkan capres Rizal Ramli

KONFRONTASI- Ekonomi terpuruk, rupiah terus memburuk. Para analis menegaskan, kegagalan ekonomi dan buruknya relasi Presiden Jokowi dengan Islam politik membuat posisi Jokowi rentan dan rawan kalah pada Pilpres 2019 kalau berhadapan dengan tokoh nasional Rizal Ramli. Jokowi bakal tekuk lutut kalau berdebat di televisi berhadapan dengan ekonom senior Rizal Ramli yang merupakan ‘’anak asuh politik’’ keluarga Gus Dur  (KH Abdurrahman Wahid) Pesantren Tebu Ireng dan  anggota keluarga besar Pondok Gontor Ponorogo.

‘’Bukan Prabowo yang menjadi lawan politik Jokowi, melainkan Rizal Ramli yang bisa mengalahkan Jokowi karena kegagalan ekonomi Jokowi dan resistensi Islam politik terhadap Jokowi. Kubu Jokowi mengidap Islamphobia, dan RR  yang didukung keluarga Gus Dur dan Pesantren Tebu Ireng maupun Pondok Gontor akan jadi tokoh yang bakal kalahkan Jokowi,’’ kata analis politik Darmawan Sinayangsah  (Direktur Freedom Foundaiton) dan peneliti Muhamad Nabil dari CSRC UIN Jakarta.

Sementara tokoh nasional Rizal Ramli mencatat bahwa kesimpulan penting yang bagus untuk demokrasi:  Pertama, “Berakhirnya Politik Dinasti”.  Nyaris semua dinasti besar kalah. Banyak partai politik diurus bagaikan CV atau perusaan keluarga. Partai harus dikelola secara modern, bukan dinastik, agar bermanfaat .

Kedua, Pilkada Juni 2018 menghasilkan kesimpulan penting yg bagus untuk demokrasi: pemenamg terbanyak Gubernur (9 orang) adalah bukan kader partai. Artinya rakyat semakin cerdas, mereka memilih calon yg memiliki reputasi dan track record yg bagus, walaupun bukan orang partai.

Ketiga, isu ganti presiden 2019 akan terus menguat. 
Keempat, spirit dan gerak militansi tim-tim relawan yang berserakan dan tak tersadap oleh survei akan terus jadi ancaman ekektabilitas Jokowi di pilpres 2019.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto menilai  hasil Pilkada 2018, khususnya di Jawa, merupakan lampu kuning bagi pertaruhan  Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk kembali maju sebagai capres pada 2019.(konf/bbs)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...