21 November 2017

Ekonom Rizal Ramli Ingatkan Jokowi Soal 'Jebakan Batman'' Kenaikan Harga BBM

Jokowi-Rizal Ramli

KONFRONTASI-Dengan penuh kesadaran dan kasih sayang seorang tokoh senior  pada sahabatnya yang lebih muda, mantan Menko Ekuin Rizal Ramli PhD mengingatkan Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi  agar cermat, teliti dan hati-hati dalam memutuskan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebab, disinyalir ada yang menjebak Jokowi dengan persoalan BBM ini.

Mantan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Rizal Ramli mengatakan, Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN) 2015 yang disusun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menteri Keuangan, Chatib Bisri banyak 'jebakan batman'.

"Jadi kalau Jokowi jadi presiden tidak membongkar APBN 2015 yang dirancang era SBY, dia tidak bisa apa-apa hanya menjalankan saja, jebakan batman," kata Rizal di Jakarta, Sabtu (30/8/2014).

Ia melanjutkan, jebakan batman kepada Jokowi juga bisa saja dilakukan oleh orang-orang Jokowi sendiri yang mendorong supaya berani menaikkan harga BBM, termasuk wakilnya Jusuf Kalla (JK).

"Jadi banyak jebakan batmannya, sengaja dorong beberapa orang tidak ngerti wajar saja harus berani. Jadi seolah-olah berani atau tidak, padahal kalau salah ambil langkah itu 10 juta orang nyebur ke garis kemiskinan," ujarnya.

Menurut dia, sekarang itu yang jadi persoalan bukan berani atau tidak Jokowi dalam menaikkan harga BBM. Akan tetapi, bagaimana konsekuensinya baik untuk bangsa maupun rakyat Indonesia.

"Jokowi harus cari jalan tengah jangan seolah-olah kita dicekoki hanya dengan cara menaikkan BBM, meski harus naik tapi carikan solusinya juga," jelas dia.

Di samping itu, Jokowi perlu memikirkan kondisi partainya yakni PDI Perjuangan yang telah menolak kenaikan BBM dengan suara lantang di parlemen, sehingga jangan asal gegabah.

"Ini juga supaya tidak mempermalukan PDIP, tentu kalau ada solusi lain Jokowi akan mendapat simpati rakyat bahwa presiden Jokowi telah memikirkan kita, tidak hanya menaikkan harga tapi ada jalan keluar lain," tandas teknokrat kepercayaan Gus Dur itu. (rk)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...