19 October 2018

Ditemui Rizal Ramli, Nelayan Tegal Curahkan Keluh Kesahnya

KONFRONTASI-Meski sudah tak lagi menjabat Menko Maritim, tokoh nasional Rizal Ramli tetap menaruh rasa pedulinya terhadap nasib para nelayan. Ekonom senior itu menyempatkan diri menjumpai nelayan yang tergabung dalam Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT),  di Komplek Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, Kamis (4/1).

"Saya sangat ingin mendengar apa yang terjadi ada gak solusi yang terbaik dan apa yang bisa dilakukan karena saya ingin nelayan hidupnya lebih baik," ujarnya.

Rizal Ramli memahami kegelisahan dan kekecewaan para nelayan terhadap kebijakan pelarangan penggunaan cantrang. Rizal mengungkapkan bahwa setiap kebijakan baru pasti akan memberikan dampak terhadap nelayan. Oleh karena itu, pemerintah harus menyiapkan solusinya agar nelayan tak risau terhadap dampak dari kebijakan yang telah dibuat pemerintah.

Tak hanya itu, masih dalam pertemuan tersebut, Rizal Ramli  menyarankan pemerintah untuk memberikan ijin kepada nelayan-nelayan Indonesia yang memiliki kapal diatas 30 ton  untuk bisa menangkap Ikan di Natuna. Sedangkan untuk kapal yang bermuatan di bawah 30 ton bisa menangkap Ikan di laut Jawa, sehingga mereka akan memiliki pendapatan untuk menghidup keluarganya.

"Dalam kondisi ini sebaiknya pemerintah belajar dari dampak kebijakannya ini. Pada masa transisi, dimana nelayan yang kena dampaknya itu diberikan kemudahan," tandasnya.

Rizal pun mengingatkan pemerintah untuk segera mencari solusi secepatnya menyikapi keberatan dari para nelayan di Tegal tersebut. Hal ini penting juga supaya tidak ada yang main-main dalam persoalan ini. 

"Secara pribadi saya akan menyampaikan secara langsung kepada presiden, Ibu susi dan Pak Luhut. Saya ingin nelayan kita bisa menyekolahkan dan membiayai keluarganya dan hidupnya makmur," imbuhnya.(mr/elshinta)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...