21 September 2019

Di Balik Penampilan Sederhana Bos Facebook

KONFRONTASI-Bos Facebook merupakan salah satu contoh anak muda yang bisa dijadikan panutan. Selain kaya raya, ia berhasil merajai media sosial dan menjadi orang yang paling ditakuti di dunia.

Yaps, Mark Zuckerberg namanya. Pascamedia sosial besutannya memulai IPO di New York Stock Exchange, kekayaannya rata-rata naik US$9 miliar setiap tahunnya.

Meskipun memiliki kekayaan sebesar US$68,3 miliar, Zuck merupakan miliarder yang hidupnya sederhana. Melansir dari Business Insider (21/8/2019), kehidupannya dengan istrinya, Priscilla Chan dan dua anak perempuan mereka tak berlebihan.

Layaknya pengusaha di Silicon Valley, Zuck lebih menyukai tampilan yang kasual. Di mana dirinya sering terlihat memakai T-Shirt dan hoodies abu-abu. Bukan hanya fesyennya yang sederhana, kendaraan yang ia gunakan juga tergolong murah untuk sekelas miliarder dunia.

Zuck menunggangi Acura TSX dan Honda Fit yang keduanya setotal US$30.000 saja. Dirinya juga terlihat pernah mengendari Volkwagen Golf GTI hitam, di mana mobil tersebut menjadi mobil keberuntungannya. Mobil tersebut diperkirakan seharga US$30.000.

Akan tetapi, di balik kehidupan kasualnya, dirinya pun tetap mempunyai mobil sport, Pagani Huayra Italia yang seharga US$1,3 juta.

Setelah fesyen dan kendaraan, Zuck juga memiliki aset properti. Namun, harganya tidak terlalu fantastis. Saat Mei 2011, Zuck membeli rumah seluas 5.000 kaki persegi di Palo Alto seharga US$7 juta.

Tahun berikutnya, pria berkulit putih itu mulai membeli properti di sekitar rumahnya, menghabiskan lebih dari US$30 juta untuk mengakuisisi empat rumah, dengan rencana untuk meratakan mereka dan membangun kembali.

Belum selesai, Zuck juga diketahui memiliki rumah di distrik Misi San Francisco seluas 5.500 kaki persegi yang dibelinya pada tahun 2013.

Aset properti terbarunya adalah membeli dua properti tepi danau di Danau Tahoe, yang menelan biaya US$59 juta. Salah satu rumah, yang disebut Estate Brushwood adalah 5.233 kaki persegi dan di enam hektare.

Zuckerberg menggunakan lebih dari US$1 juta dana Facebook untuk perjalanan pribadi pada 2018. Setelah tahun itu, Facebook menyetujui anggaran keamanan tahunan US$10 juta. Angka tersebut rekor tertinggi untuk Zuckerberg demi keamanan di rumahnya dan pesawat pribadi.

Tak hanya memanfaatkan harta untuk senang-senang, Zuck juga tak lupa untuk beramal. Ia mendirikan organisasi nirlaba inisiatif Chan Zuckerberg senilai US$3 miliar yang disebut Biohub. Dirinya percaya bahwa nirlaba akan membantu mempercepat penelitian untuk menyembuhkan penyakit di masa depan.(mr/viva)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...