25 August 2019

Buya Syafi'i: Jangan Hanya Jadi Politisi, Tapi Harus Naik Kelas Jadi Negarawan

KONFRONTASI- Pendiri Maariff Institute Ahmad Syafii Maarif berpendapat bahwa politisi Indonesia sebaiknya "naik kelas" atau berubah pandangan menjadi negarawan.

"Jangan cuma hanya jadi politisi, tetapi harus bisa naik kelas menjadi negarawan agar tidak hanya mementingkan suatu golongan," kata pria yang akrab disapa Buya ini dalam diskusi "Maarif Institute: Seminar Pembukaan Halaqah Fikih Kebhinnekaan" yang membahas tentang kemajemukan sebagai tantangan pemimpin bangsa, di Jakarta, Selasa malam (24/2)

Menurutnya, jika politisi bisa berpandangan seperti negarawan, Indonesia akan lebih baik karena tidak saling menjatuhkan. "Bedanya, kalau negarawan pasti mempunyai rasa memiliki terhadap bangsa, sehingga tidak ada korupsi yang bisa merugikan negaranya sendiri," ujarnya.

Selain itu, ia juga berpendapat, sifat negarawan bisa menghindari atau mengurangi konflik antargolongan dan berbagai polemik yang ada di Indonesia.

"Untuk mempunyai rasa saling memiliki sebagai bangsa, harus membawa semangat fikih yang sesuai dengan tujuan utama syariah, yaitu 'al maslahah al ammah' (kemaslahatan umum)," kata Buya.

Syafii menjelaskan tujuan utama syariah akan tercapai jika berpikir semua pihak berusaha mencerdaskan umat agar tidak terjebak pada fanatisme golongan.

Ia berharap agar semua golongan bersatu untuk kepentingan bersama, sehingga tidak ada perpecahan. "Tidak ada salahnya untuk meninggalkan ego sektoral, termasuk permasalahan agama, satu agama jangan sampai terlalu banyak golongan, lebih baik satu visi bersama," ujarnya.[MR/ANT]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...