11 December 2019

Bambang W, Wakil Ketua KPK Ditangkap Polisi: Ini Rekam Jejak BW. Perang Polri vs KPK Dimulai?

Kabar yang menggemparkan publik muncul Jumat pagi (23/1/2015) ini. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto dikabarkan ditangkap oleh Badan Reserse Kriminal Polri.

Informasi tersebut dibenarkan oleh sumber internal di KPK. Namun, belum diketahui kapan dan alasan penangkapan Bambang. Hingga saat ini, Kompas.com masih mencoba mengonfirmasi sejumlah sumber resmi di KPK dan Polri.

Sejak 16 Desember 2011, Doktor Ilmu Hukum, Lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung, Tahun 2009 ini memegang jabatan sebagai Wakil Ketua KPK. Kabar penangkapan Bambang ini tentu memunculkan spekulasi baru terkait perseteruan antara dua institusi penegak hukum di Indonesia, Polri dan KPK.

Siapa Bambang Widjojanto? Selama ini Bambang dikenal dengan gaya hidupnya yang sederhana. Salah satu bentuk kesederhanaan itu dilakukannya dengan memilih naik kereta api untuk berangkat ke kantor KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, dari rumahnya di Depok, Jawa Barat.

Topi dan kacamata menjadi benda andalan untuk menyamarkan wajahnya saat naik kereta api. Dengan kesederhanaan itu pula, Bambang yang akrab disapa BW dikenal menjaga integritas sebagai penegak hukum pemberantasan korupsi.

Mengenai kemampuan di bidang hukum, BW tak diragukan. Saat seleksi pimpinan Komisi KPK, BW mendapat nilai 10 (skala 1-10) untuk aspek integritas dan kemampuan, dari salah satu anggota panitia seleksi.

Sebelum menjadi Wakil Ketua KPK, Bambang adalah advokat, dia menangani berbagai kasus, termasuk kasus kriminalisasi pimpinan KPK, Chandra M Hamzah dan Bibit Samad Riyanto.

Penangkapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto oleh Badan Reserse Kriminal Polri diduga terkait kasus Pilkada Kotawaringin dan Kasus Papua.

"Bambang ditangkap karena diduga terkait kasus pilkada Kotawaringin dan kasus Papua," ujar sumber Tribunnews.com, Jumat (23/1/2015).

Sebelumnya, Bambang dikabarkan ditangkap oleh pihak Bareskrim Mabes Polri.

Menurut sumber tribunnews.com, Jumat (23/12015, Bambang ditangkap saat mengantar anaknya ke sekolah. "Saat ini sudah berada di Bareskrim Mabes Polri," ujar sumber tersebut

Hingga berita ini diturunkan, tribunnews.com, masih mencari inforasi baik dari Mabes Polri maupun dari pihak KPK. Tribun belum berhasil menghubungi Juru Bicara KPK, Johan Budi.

Tribun mencoba menghubungi dua nomor Ketua KPK Abraham Samad. Nomor pertama tidak diangkat sementara nomor lainnya tidak aktif. (K)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...