22 May 2019

Bahaya Krisis Ekonomi-Politik: Rezim Jokowi Dibayangi Keruntuhan

KONFRONTASI- Para analis dan jurnalis menganalisa, rezim  Joko widodo dibayangi keruntuhan, kejatuhan, tumbang karena faktor ekonomi-politik yang sangat  menghantam dan merugikan Jokowi sendiri.

Faktor politik mencakup pemilu paling buruk dan curang, demo-demo dan protes gaduh   gerakan daulat rakyat, perlawanan para jenderal TNI purn, civil society dan kalangan santeri (Islam) maupun kebangsaan serta keributan massa yang panjang, sekitar 600 petugas KPPS meninggal dan lebih 3000 orang sakit dirawat..Kriminakitas menguat dan frustasi rakyat meningkat.

Faktor ekonomi mencakup naiknya harga-harga, defisit perdagangan, defisit neraca berjalan, daya beli rakyat ambruk dan ekonomi terpuruk, utang bertumpuk lebih 5200 trilyun rupiah dan rupiah ambruk menuju Rp15-16 ribu/dolar AS, ekspor turun, sumber daya ekonomi tergerus..

Sementara itu, Perang minyak yang dikobarkan Amerika bisa menggulingkan kekuasaan para mullah di Iran. Indonesia bisa getahnya karena harga minyak dunia bakal melambung tinggi.

Bahkan kini Indonesia pun  berbulan madu dengan China, yang  sedang dihantam oleh perang dagang Trump. Bila perang ini membuat perekonomian China makin loyo, Indonesian bakal kena getahnya. Maklum China adalah pasar terbesar produk ekapor Indonesia, dan penyandang dana utama pembangunan infrastruktur.

Jurnalis Gigin Praginanto menulis  Indonesia seperti petinju yang kena pukulan one-two. Satu pukulan datang dari melambungnya harga minyak dunia, lainnya dari loyonya perekonomian China  komunis yang berimbas besar ke Indonesia..

Tak heran kalau Tokoh nasional Rizal Ramli mengaku bingung dengan pencalonan kembali Joko Widodo atau Jokowi sebagai Presiden. Menurutnya kondisi ekonomi Indonesia saat dipimpin Jokowi masih memble. Terkait tudingan itu, Rizal menyebut Jokowi tidak pantas untuk kembali menjabat presiden.

"Saya juga bingung kinerjanya pas-pasan, ekonominya memble kok masih tega-teganya mau dua kali (jadi Presiden)," ujar Rizal.(FF)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...