22 September 2019

As'ad Ali: Komunis Sebagai Sistem Sudah Mati

KONFRONTASI-Tidak ada negara di dunia yang benar-benar menerapkan paham komunis dalam sistem pemerintahannya. Sebab, komunisme hanya dianggap sebatas ideologi. Demikian diungkapkan Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), As'ad Said Ali.

"Komunis sebagai sistem sudah mati, tapi sebagai ideologi tidak akan mati," kata As'ad dalam acara buka bersama Menteri Pertahanan di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Gedung Kemenhan, Jakarta Pusat, Senin (6/6/2016).

As'ad mengungkapkan, negara yang dikenal sebagai "rumah" bagi paham komunis seperti Rusia, Tiongkok, Vietnam, Korea Utara dan Kuba tidak sepenuhnya mempraktikkan paham tersebut sebagai landasan negara.

"Bukan negara yang pure menjalankan praktik komunis, tetapi LSM yang bermarkas di Belanda. LSM ini yang membiayai kegiatan kampanye komunis di dunia," urainya.

Ia menduga, maraknya kemunculan simbol-simbol komunis belakangan lantaran sistem demokrasi yang memberi toleransi seluas-luasnya terhadap perbedaan. Sehingga, hal itu menjadi celah dari paham terlarang ini berkembang kembali.

"Kenapa komunis bisa masuk. Karena dunia menghendaki kebebasan universal, menjunjung norma kebebasan universal. Nilai kebebasan setiap negara berbeda, karenanya harus disamakan. Semua paham, agama, dibebaskan. Celah ini dimanfaatkan komunis untuk berkampanye. Kami tidak takut dengan komunis, namun hanya waspada," tukasnya.[mr/okz]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...