11 December 2018

Abad Asia dalam Perspektif Rizal Ramli dan Anwar Ibrahim

KONFRONTASI- Teknokrat senior dan Menko Perekonomian Presiden Gus Dur menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Datuk Anwar Ibrahim dan pelantikannya  sebagai anggota DPR Malaysia untuk wilayah Port Dickson. ''Selamat berjaya, Datuk Anwar,'' kata RR, tokoh nasional jebolan ITB, Sophia University dan Boston University AS. Rizal Ramli (RR) adalah anggota keluarga besar Pondok Pesantren Gontor dan dia juga anak asuh politik kenegaraan Gus Dur, sang Ulama kondang Pesantren Tebu Ireng Jombang. jadilah RR sangat dekat dengan Tebu Ireng, dan dialah sosok nasionalis modern buah perpaduan NU-Muhammadiyah karena ayah ibunya Muhammadiyah,sementara guru sosio-politiknyanya itu  Gus Dur..

Yang menarik, antara RR dan Anwar Ibrahim (Mantan Deputi PM Malaysia) memiliki pandangan ysang sama mengenai Abad Asia.

Dalam pidatonya di  konferensi  'Asian Century and Indonesian Maritime Strategy' di Belanda tahun lalu, Rizal Ramli  menyatakan negara-negara Asia akan 'menguasai' dunia di abad ke-21 ini.

"Abad ke-21 ini abad Asia. Pertanyaan kuncinya, apakah akan terjadi kebangkitan Asia yang demokratis, tersentralisasi atau keduanya dalam koeksistensi damai? Apa pun yang terjadi, saya berharap bahwa abad ke-21 akan menjadi Asia yang damai dan sejahtera," kata Rizal.
Menurutnya, ada persepsi jika negara-negara Asia ingin ekonomi berkembang dan tumbuh dua digit maka harus mengikuti model dan pola negara-negara maju.

Senada dengan RR,  Anwar Ibrahim menyampaikan bahwa Abad Asia adalah kebangkitan Asia, suatu ''Asian Rennaisance'' yang ingin bermartabat dan sejajar dengan bangsa-bangsa Barat, suatu peradaban Asia yang merupakan perpaduan Islam, Barat dan Timur menuju perdamaian dan kesejahteraan bersama dalam kerjasama antarbangsa. Dalam bukunya the Asian Rennaisance, Anwar menyentuh soal wajah Islam Asia Tenggara yang moderat, plural, modern, damai dan berhsrat maju untuk berkompetisi di tingkat global.

RR dan Anwar  ingin Asia bangkit sebagai negara berperadaban maju, adil dan sejahtera untuk mendukung  kerjasama,  perdamaian dan keadilan dunia (RR)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...