25 November 2017

Tiga Astronot Internasional Mendarat di Kazakhstan

KONFRONTASI-Tiga anggota kru Stasiun Antariksa Internasional (International Space Station/ISS) mendarat dengan selamat di stepa bersalju kota Zhezkazgan, bagian timur laut Kazakhstan, Jumat (11/12).

Siaran Televisi NASA menunjukkan kapsul yang membawa astronot Badan Antariksa Amerika Serikat Kjell Lindgren, kosmonot Rusia Oleg Kononenko dan Kimiya Yui dari Badan Eksplorasi Kedirgantaraan Jepang (JAXA) ditemukan oleh kelompok pencari dan penyelamat yang empat helikopternya menembus angin kencang dan awan-awan rendah untuk mencapai area pendaratan.

Seperti dilansir laman resmi NASA, pada akhir misi Kononenko sudah 533 hari berada di antariksa sementara Lindgren dan Yui, yang baru pertama terbang ke antariksa, menghabiskan 141 hari di sana.

Selama di stasiun antariksa, para kru berpartisipasi dalam observai Bumi dan melakukan riset di area ilmu fisika, biologi dan molekuler untuk memajukan pengetahuan dan mendemonstrasikan teknologi baru.

Lindgren dan Yui ambil bagian dalam eksperimen penanaman sayur yang menghasilkan selada segar untuk konsumsi para awak pada Agustus.

Peneltian-penelitian semacam itu memungkinan terobosan riset dan mendorong inovasi teknologi yang memberikan manfaat bagi Bumi, serta memungkinkan misi eksplorasi manusia dan robotik berjangka lama ke kedalaman antariksa.

Setelah kepergian mereka bertiga, yang tersisa di stasiun senilai 100 miliar dolar AS tersebut adalah astronot Amerika Serikat Scott Kelly sebagai komandan serta insinyur penerbangan Rusia Mikhail Kornienko dan Sergey Volkov.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, Kelly dan Kornienko berada di akhir bulan misi satu tahun, tugas terpanjang di antariksa sejak para awak mulai meninggali stasiun itu tahun 2000. Mereka dijadwalkan mendarat 1 Maret.

Enam kosmonot Rusia sebelumnya menghabiskan lebih dari 300 hari di luar angkasa di stasiun Soviet Mir yang kini ditutup. Penerbangan terpanjang itu berlangsung hampir 438 hari.

Misi setahun Kelly dan Kornienko merupakan uji coba yang dijalankan sementara 15 negara yang bermitra membangun dan menjalankan stasiun antariksa itu mulai merencanakan misi yang lebih panjang ke bulan, Mars dan tujuan lain di luar stasiun luar angkasa.

Tiga kru yang tersisa akan mengoperasikan stasiun antariksa selama empat hari sampai kedatangan awak baru.

Astronot NASA Tim Kopra, kosmonot Rusia Yuri Malenchenko dan Tim Peake dari Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) dijadwalkan meluncur ke ISS  dari Baikonur, Kazakhstan, pada 15 Desember.[mr/ant]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...