23 October 2019

Teknologi Ini Bakal Bikin Knalpot Bising Tak Berkutik

KONFRONTASI-Departemen Transportasi Inggris baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menguji coba Noise Camera yang dirancang untuk menindak pengendara yang melanggar batas volume suara kendaraan menggunakan knalpot racing. Kamera ini akan diuji di beberapa lokasi selama tujuh bulan ke depan dan jika berhasil, dapat dikembangkan lebih lanjut di Inggris.

Seperti dilansir dari MCN, Sabtu (8/6/2019) kamera kebisingan ini ditujukan untuk pengemudi dan pengendara sepeda motor dengan knalpot ilegal serta mereka yang menggeber kendaraan mereka secara berlebihan. Mikrofon akan merekam suara kendaraan yang lewat, sebelum Automatic number-plate recognition (ANPR) dan kamera mengambil gambar sebagai bukti terhadap kendaraan yang melanggar ketentuan suara.

"Polusi suara membuat kehidupan orang-orang di seluruh Inggris sangat menderita dan memiliki dampak kesehatan yang sangat serius. Inilah sebabnya saya bertekad untuk menindak para pengemudi yang merusak jalan-jalan kita," ujar Sekretaris Departemen Transportasi Inggris Chris Grayling.

"Teknologi baru ini akan membantu kita dalam membuat kota-kota kita lebih tenang, dan saya tidak sabar untuk melihat bagaimana kamera baru yang menarik ini bisa bekerja," tambah Grayling.

Menegakkan batas kebisingan hukum saat ini dilakukan secara manual oleh petugas patroli polisi. Sistem baru ini akan dapat menentukan apakah hukum telah dilanggar dengan mempertimbangkan kelas dan kecepatan kendaraan relatif terhadap lokasi kamera.

"Dengan meningkatnya tekanan terhadap lingkungan, termasuk polusi suara, knalpot ilegal yang dipasang oleh beberapa pengendara tidak memberikan banyak manfaat yang dapat ditawarkan sepeda motor," kata CEO Asosiasi Industri Sepeda Motor, Tony Campbell.

"Semua pabrikan membuat sepeda motor baru yang mengikuti peraturan ketat terkait kebisingan dan emisi dan kami menyambut uji coba ini sebagai cara potensial untuk mendeteksi di sini," lanjut Campbell

Uji coba ini dilakukan setelah penelitian mengungkapkan bahwa paparan kebisingan jangka panjang yang terus menerus dapat menyebabkan implikasi kesehatan fisik dan mental salah satunya adalah gejala stres dan tekanan darah tinggi.(mr/dtk)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...