25 May 2017

Tahun Ini, Lapan Siap Luncurkan Satelit A2

KONFRONTASI-Peluncuran satelit Lapan A2 yang diharapkan bisa dilakukan pada 2015 ini. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menuturkan itu pada sela-sela “Focus Group Discussion (FGD)” bertajuk “Informasi Geospasial Mendukung Pembangunan Poros Maritim” yang berlangsung di Gedung 2 BPPT, Jakarta, Kamis (18/6/2015).

“Satelit A2 rencananya menumpang roket India,” ujarnya. Hadir pada acara itu antara lain Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Priyadi Kardono dan Deputi bidang Sumber Daya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Kemristek Dikti Muhamad Dimyati.

FGD sendiri diselenggarakan oleh Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Halnya dengan satelit A3 diharapkan bisa meluncur pada 2016 mendatang.

Thomas menegaskan bahwa dua teknologi yang mendominasi kehidupan manusia modern adalah teknologi informasi dan teknologi antariksa. Sehingga, soal teknologi satelit menjadi signifikan.

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2015, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Mapiptek mengadakan lomba penulisan dan foto iptek pada media massa. Temanya adalah “Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa” dan sub temanya adalah “Inovasi Iptek di bidang Pangan, Energi dan Maritim”. Rencananya, puncak peringatan Hakteknas pada 10 Agustus 2015.[mr/pr]

Category: 

loading...


News Feed

Loading...