15 October 2019

Realme 5 Pro Nyaris Tanpa Cela

KONFRONTASI-Tak butuh waktu lama bagi realme untuk meluncurkan handphone terbarunya di Indonesia. Setelah realme X, realme menghadirkan jagoan anyar realme 5 Pro yang dijuluki sebagai 'Quad Camera SpeedMaster'.

Julukan Quad Camera SpeedMaster bukan tanpa alasan. Sebab, realme 5 Pro memasang empat kamera di bagian belakang yang disusun secara vertikal. Kebetulan, kami mendapat kesempatan untuk menjajal realme 5 Pro secara langsung. Pengalaman dalam menggunakan realme 5 Pro, kami jabarkan dalam artikel berikut ini.

 

Bahasa Desain Tidak Konvensional

Dari setiap produknya, realme selalu mengangkat aspek desain ke tingkatan yang belum pernah ada. Untuk realme 5 Pro ini, realme mengadopsi potongan berlian. Dengan menggunakan teknologi nano, warna yang ditimbulkan akan lebih hidup. Ada 2 warna yang disediakan, yakni Crystal Green dan Sparkling Blue.

Kami mendapatkan pilihan warna biru Sparkling Blue, yang dari pandangan mata terkesan elegan. Potongan-potongan berlian yang tercetak di belakang seakan berkilau ketika didekatkan dengan cahaya. Pabrikan mengklaim untuk mendapatkan warna yang sempurna, dilakukan oleh teknologi laser terbaru.

Beralih ke layar, realme 5 Pro menggunakan layar berukuran standar 6,3 inci yang memiliki resolusi (2340 x 1080). Untuk dudukan kamera depan, realme 5 Pro menggunakan notch berbentuk tetesan air. Layarnya juga dikeliling oleh bezel tipis dengan rasio layar ke bodi 90,6 %.

Realme 5 Pro menggunakan layar FHD+ 6,3 inci (2340 x 1080) yang menawarkan tampilan luas. Layar ini masih dapat terlihat dengan cukup jelas di bawah pancaran sinar matahari yang menyorot.

Jika melihat dari dimensinya, realme 5 Pro memiliki ketebalan 8,9 mm dan bobot 184 gram. Cukup terasa berat memang ketika dipegang, namun desainnya tetap kompak untuk dimasukkan ke saku.

Untuk penempatan tombol fisik terlihat standar. Tombol volume di sisi sebelah kiri dan tombol power di sisi sebelah kanan. Di belakang, kamera disusun secara vertikal dan disandingkan dengan logo realme di sudut bawah.

 

Hardware Mumpuni

Sebuah smartphone haruslah dapat menjalankan semua aktivitas yang dibutuhkan oleh pengguna, misalnya untuk multitasking, fotografi, atau bermain game. Realme mencoba menangkap semua kebutuhan tersebut melalui realme 5 Pro.

Untuk otak smartphone, realme menyematkan prosesor Snapdaragon 712 AIE yang diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 10 nm. Prosesor tersebut dipasangkan dengan GPU Adreno Qualcomm 616 untuk proses grafis yang lebih baik.

Untuk diketahui, Snapdragon 712 AIE dirancang khusus untuk meningkatkan performa secara lebih maksimal. Jika dibandingkan, performa Snapdragon 712 AIE lebih tinggi 25 persen dibandingkan dengan Snapdragon 660.

Untuk membuktikan kehebatan realme 5 Pro, dilakukan uji benchmark dengan aplikasi AnTuTu. Hasil yang didapatkan terbilang memuaskan, yakni 179.246. Sebuah skor yang baik untuk smartphone kelas menengah.

Di aspek memori, realme 5 Pro menggunakan LPDDR4X + UFS2.1 paket konfigurasi berkecepatan tinggi dengan spesifikasi hingga 8 GB + 128 GB. Sebuah kombinasi yang akan membuat pengguna merasa nyaman dalam beraktivitas. Selain varian 8 GB+128 GB, realme 5 Pro juga memiliki varian 4 GB +128 GB.

 

Kamera Tajam

Sebagaimana kamera realme pada umumnya, realme 5 Pro juga menyematkan kamera tercanggih. Kali ini, realme menccoba langkah berani dengan menyematkan empat kamera di bagian belakang.Untuk lensa utamanya, terdapat kamera 48 MP dengan sensor Sony IMX586. Sebagai lensa utama, realme 5 Pro dapat menangkap gambar pemandangan dan objek secara alami. Teknologi Quad-Bayer pixel four-in-one memungkinkan pixel tunggal 1,6um menjadikan kamera utamanya sangat canggih.Ada juga lensa ultra-wide angle dengan resolusi 8 MP. Lensa ini dapat menangkap objek luas dengan sudut 119 derajat. Alhasil, pengguna tidak perlu lagi mengambil jarak untuk mengambil gambar pemandangan.

Untuk mengambil foto dalam jarak dekat, realme 5 Pro menggunakan lensa ultra makro dengan bukaan f/2.4. Dengan rentang fokus 4 cm, pengguna dapat menangkap objek seperti bunga dan serangga secara lebih baik. Terakhir adak lensa potrait yang dapat menghasilkan foto hitam putih secarabokeh yang terlihat alami rapi.

Di bagian depan, realme 5 Pro menggunakan lensa 16 MP dengan bantuan sensor Sony IMX471. Kegiatan foto selfie juga akan lebih maksimal dengan algoritma AI untuk mengidentifikasi objek foto secara lebih akurat.

Dalam pengalaman kami, realme 5 Pro dapat menangkap skenario foto standar dengan sangat baik. Warna dan detail foto tampak lebih berwarna berkat bantuan Chroma Boost. Apalagi dalam keadaan malam hari, realme 5 Pro mampu melahap semua objek dalam kondisi cahaya temaram.Foto wide-angle juga terlihat sangat baik. Misalnya untuk menangkap pemandangan gedung-gedung Jakarta, realme 5 Pro dapat menjangkau seluruh sudut secara sangat baik.

 

Kapasitas Baterai

Realme 5 Pro disokong oleh baterai berkapasitas 4.035 mAh yang sudah didukung oleh VOOC Flash Charge 3.0. Untuk diketahui, teknologi tersebut menggunakan menggunakan mode tegangan rendah dan arus tinggi, untuk memastikan kecepatan charging yang stabil sekaligus mengurangi panas di adaptor dan smartphone saat proses pengisian baterai.

Saat dilakukan pengujian, realme 5 Pro dapat terisi dari 10% ke 99% dalam jangka waktu sejam lebih sedikit. Sebuah waktu yang cukup cepat bagi smartphone yang kabarnya dijual di rentang harga Rp3 jutaan.

Alasan Memilih realme 5 Pro

Lewat realme 5 Pro yang dijuluki sebagai Quad Camera SpeedMaster, realme mencoba untuk mendobrak semua stereotip smartphone kelas menengah. Berkat VOOC Flash Charge 3.0 dan quad camera, realme 5 Pro seakan menjadi smartphone terbaik di rentang harga Rp 3 jutaan.

Hampir tak ada cela, realme 5 Pro adalah pilihan terbaik bagi konsumen di segmen menengah. Singkat kata, realme 5 Pro membawa fitur flagship dengan harga bersahabat.(mr/snd)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...