16 December 2017

Phablet Berjaya, Tablet Mulai Ditinggalkan

KONFRONTASI-Seiring dengan munculnya smartphone yang mengusung layar lebar atau sering disebut phablet, membuat tablet berukuran kecil mulai menghilang di pasar dan tablet yang berukuran lebih besar mulai bergabung dengan laptop, sebut lembaga kajian teknologi informasi IDC

Menurut IDC, konsumen tampaknya masih tidak yakin dengan dengan nilai tablet, sementara perangkat hibrida menemukan pasarnya.

Laporan kuartalan terbaru dari IDC menunjukkan 46,7 juta tablet terjual pada Q1 (kuartal I) 2016, yang menandai 10% penurunan tahun-ke-tahun dan penurunan 33% dibandingkan dengan penjualan masa liburan pada Q4 2015.

Menariknya, meskipun angka penjualan turun, harga jual rata-rata per perangkat tetap stabil di US$241 yang berarti bahwa ada banyak tablet berharga lebih tinggi yang terjual.

Namun, angka tersebut sebagian besar merupakan kontribusi dari laptop hybrid. Meskipun kebanyakan laptop hybrid tidak benar-benar digunakan sebagai tablet.

Hal itu dapat dilihat dengan perbedaan antara pangsa penjualan dan nilai penjualan. Meskipun pangsa penjualan perangkat Windows hanya 14%, pangsa nilai penjualan perangkat-perangkat tersebut lebih tinggi yaitu 20% dikarenakan banyaknya laptop hybrid yang berharga mahal.

Demikian pula dengan Apple yang memiliki 22% pangsa penjualan, dan 39% nilai penjualan saham, karena kebanyakan perangkat Apple dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi.

Sementara itu, pengiriman perangkat Android mencapai 64%, namun pangsa nilai hanya 41%, dikarenakan tablet super murah masih mendominasi pengiriman, demikian laporan GSM Arena. [mr/inl/tar]

 

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...