24 May 2017

Lindungi Privasi Pengguna, WhatsApp Tingkatkan Enkripsi di Android

KONFRONTASI-Guna mencegah terjadinya pencurian informasi, aplikasi pesan instan WhatsApp sedang meningkatkan keamanan dengan menambahkan sistem enkripsi di perangkat berplatform Android. Sistem ini nantinya akan mengenkripsi proses transmisi di server.

Teknologi berbasis open-source tersebut dikembangkan oleh perusahaan bernama Open Whisper Systems. Perusahaan ini sudah mengembangkan sistem antiperetasan untuk pesan dan telepon, antara lain TextSecure, RedPhone, serta Signal and Flock. “Untuk platform iOS dan yang lainnya akan segera menyusul,” tulis situs The New York Times, Jumat, 21 November 2014.

WhatsApp yang penggunanya mencapai 600 juta di seluruh dunia, kini menjadi target potensial pembobolan data. Isi pesan, baik berupa teks, suara atau foto adalah sasaran empuk para peretas. Belum lagi yang berkaitan dengan perusahaan.

Sistem enkripsi yang ada di WhatsApp memudahkan tim teknis untuk memodifikasi pesan agar lebih privat. Jika peretas ingin membobol pesan, maka harus membuka setiap kunci satu persatu. Ini diyakini akan menekan kasus peretasan di seluruh dunia.

“Level privasi seperti itu umumnya ada pada lingkup yang lebih kecil, yakni peranti lunak,” ujar peneliti keamanan digital, yang juga pendiri Open Whisper Systems, Moxie Marlinspike.

Dia mengatakan, enkripsi ini akan dirancang sebagai pengaturan utama di WhatsApp. Nantinya, WhatsApp tidak bisa membaca setiap pesan yang dikirimkan pengguna. Demikian juga jika ada peretas yang ingin mencegat tanpa adanya decryption key.[mr/tmp]

Category: 

loading...


News Feed

Loading...