22 August 2019

Intel Siap Berpaling dari NVIDIA ke AMD Soal GPU

Konfrontasi - Dalam hal CPU, Intel memang 'bermusuhan' dengan AMD. Namun tak begitu keadaannya untuk hal lain, karena kedua perusahaan itu kabarnya akan berbagi paten GPU.

Dikutip detikINET dari Bloomberg, Sabtu (19/3/2016), kedua dedengkot pembuat chip prosesor itu kabarnya tengah berdiskusi untuk berbagi lisensi paten GPU. Dalam hal ini, tentu pihak Intel yang akan menggunakan lisensi dari AMD, yang beberapa tahun lalu mengakuisisi ATI.

Jika hal ini benar terjadi, sepertinya GPU yang terintegrasi di prosesor Intel akan mendapat tenaga baru. Meski sebenarnya belum jelas apa yang akan didapat Intel dari AMD dalam perjanjian tersebut.

Pasalnya, saat ini Intel sudah menggunakan lisensi milik NVIDIA senilai USD 1,5 miliar, yang baru akan berakhir lisensinya pada 17 Maret 2017 mendatang. Namun Intel memang dikabarkan tak tertarik untuk memperpanjang penggunaan lisensi NVIDIA tersebut.

Berpalingnya Intel ke AMD dari NVIDIA ini kabarnya karena AMD disebut lebih fleksibel dalam penggunaan lisensinya ketimbang NVIDIA, yang merupakan rival AMD dalam hal GPU. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...