13 November 2018

Ini Rahasia Unik Risma Bangun Kota Pahlawan

Konfrontasi - Game digital tak selamanya dikotakkan sebagai pengusir rasa bosan belaka. Menurut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, game juga bisa memberi wawasan dengan cara yang menghibur.

"Saya aja sudah tua begini masih suka main game," kata wanita berjilbab yang akrab disapa Risma ini, Sabtu (8/8/2015) di sela-sela diskusi bertema "Accelerating The Future Surabaya As a Creative Hub" pada rangkaian acara Popcon 2015, Jakarta Convention Center.

Game yang paling sering dimainkan Wali Kota Surabaya perempuan pertama tersebut adalah "SimCity". Ia menilai game tata kota tersebut sedikit banyak memberi inspirasi dalam membangun Kota Pahlawan.

"Di situ saya belajar membangun kota dengan komprehensif. Melihat segalanya dalam cara pandang yang multi sektor," ia menjelaskan.

Risma mencontohkan, saat akan membangun infrastruktur tertentu, pemerintah harus berpikir tentang pendanaan, fungsi dan dampaknya pada kemaslahatan masyarakat. "Semuanya harus dipikirkan. Masyarakat saya senang atau tidak, dananya ada atau tidak," ia menuturkan.

Belajar apapun, kata Risma, bisa melalui media apa saja. Politikus PDIP ini pun mendorong anak-anak muda untuk selalu memanfaatkan teknologi secara tepat guna.

Menurut dia, sejak kecil anak-anak perlu dibekali dengan pengetahuan teknologi untuk merangsang kreativitas. "Penggunaannya harus dalam pengawasan. Makanya saya juga menjembatani antara orang tua dengan anak-anak. Generasi muda ini harus dibebaskan sekaligus diarahkan," kata Risma. (kcm/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...