19 November 2019

Ilmuan Kembangkan Tinta Magnetik untuk Perbaiki Ponsel

Konfrontasi - Sebuah tim yang terdiri dari teknisi di Universitas California, sedang mengembangkan sebuah tinta magnetik yang diharapkan dapat digunakan untuk memperbaiki ponsel.

Ditulis The Verge, Jumat (4/11/2016), dengan menciptakan partikel tinta magnetik, ponsel yang diuji akan dapat memperbaiki bagiannya secara mandiri.

Sensor yang tercetak dengan menggunakan tinta tersebut, secara magnetis dapat menempel satu sama lain sehingga bisa memperbaiki sebuah perangkat yang rusak secara otomatis pada saat pertama kali adanya kerusakan.

"Sama seperti kulit manusia yang dapat tergores dan kemudian sembuh dengan sendirinya, kami ingin setiap bagian tersebut sembuh dengan sendirinya dengan mencetak secara elektronik," ungkap Amay Bandodkar, salah satu dari ilmuwan.

Secara sederhana, cara kerja dari partikel magnetis tersebut ialah menyatukan bagian-bagian yang telah rusak atau hancur kemudian menyambung atau menambalnya kembali dengan partikel baru.

Berdasarkan pengujian penyembuhan secara mandiri dapat dilakukan dengan potongan atau goresan sepanjang 3 mm dalam waktu 50 mili detik.

Saat ini teknologi tersebut masih menjadi bahan evaluasi bagi tim ilmuwan yang juga mulai berpikir untuk menerapkannya pada perangkat selain ponsel. (mg/oke)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...