21 September 2019

Google Tak Lagi Sandingkan Android dengan Nama Makanan

KONFRONTASI-Setelah bertahan digunakan di sembilan versi Android, tradisi Google menyematkan nama kudapan atau cemilan manis sebagai nama sistem operasi mobile mereka mulai berubah.

Google resmi mengumumkan nama baru untuk Android Q, yakni Android 10. Ini adalah pertama kali Google menanggalkan nama-nama kudapan manis yang selama 10 tahun melekat sebagai penamaan Android.

Angka 10 ini merujuk pada usia Android yang tahun ini yang menginjak satu dekade

VP Product Management Android Sameer Samat, keputusan penamaan Android 10 yang terdengar lebih simpel diambil karena tidak semua orang di dunia paham penamaan kudapan.

"Misalnya, pelafalan huruf 'L' dan 'R' di beberapa bahasa akan berbeda. Jadi ketika ada orang yang mendengar kami mengatakan Android Lollipop, itu tidak terdengar jelas seperti penerus Android KitKat," jelas Samat, seperti dikutip dari blog resmi Google, Jumat (23/8/2019).

Hal ini mengakibatkan beberapa pengguna awam tidak sadar bahwa perangkat mereka berjalan dengan sistem oeprasi Android versi paling baru. Baginya, penamaan yang jelas dan mudah dipahami semua orang secara global adalah hal yang penting bagi sistem operasi Android.

"Ada banyak nama kudapan berawalan huruf 'Q' yang menarik, tapi kami mempertimbangkan di versi ke-10 dan 2,5 miliar perangkat aktif, inilah waktunya berubah," lanjut Samat.

Saat ini, Android 10 telah tersedia dalam versi beta publik dan siap meluncur dalam beberapa bulan ke depan menggantikan Android 9 Pie.(mr/inl)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...