18 November 2019

Gokil, Presiden Turkmenistan 'Ngedrift' di 'Gerbang Neraka'

KONFRONTASI-Salah satu stasiun TV Turkmenistan menayangkan video Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdymukhamedov, mengemudi mobil dengan cara yang ekstrem. Berdymukhamedov digambarkan melakukan drifting di dekat mulut Kawah Darvaza yang disebut sebagai 'Gerbang Neraka'.

Disarikan dari berbagai sumber, Presiden Turkmenistan itu menggunakan baju balap dan mengendarai sebuah mobil pikap yang tampaknya telah dimodifikasi untuk balap.

Mobil itu pun meluncur dengan cepat. Berdymukhamedov kemudian ngedrift pakai mobil tersebut mengelilingi Gerbang Neraka yang terbakar selama 48 tahun terakhir.

Dalam video itu, digambarkan juga aktivitas lain dari Berdymukhamedov. Dia juga berkuda, bersepeda, menembak, berolahraga dan bernyanyi.

Yang paling ekstrem adalah ketika Berdymukhamedov ngebut di mulut Kawah Darvaza dengan mobil pikapnya. Kawah Darvaza atau Gerbang Neraka itu merupakan ladang gas alam di Derweze, provinsi Ahal, Turkmenistan. Pada 1971, ahli geologi Soviet mengebor kantong udara di sana. Tanah di bawah rig runtuh hingga membentuk lubang besar dengan diameter 70 meter dan kedalaman 20 meter.

Soal dunia otomotif, Berdymukhamedov juga memiliki keputusan mencolok. Pada 2018 ia melarang peredaran mobil berwarna hitam di ibu kota Turkmenistan.

Kata dia, mobil warna hitam tidak cocok di jalanan. Berdymukhamedov lebih menyukai mobil warna putih. Mobil putih disarankan karena dianggap bisa membawa keberuntungan untuk negara tersebut. Dikabarkan, Berdymukhamedov pernah mengganti warna limusinnya dari hitam menjadi putih. Pada 2015, ia pernah mengeluarkan aturan untuk menyetop impor mobil berwarna hitam.(mr/dtk)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...