22 February 2017

Gagal Wujudkan Mimpi, Bonus Tahunan Bos Apple Dipangkas

KONFRONTASI - Pendapatan produsen iPhone Apple turun ke angka USD215,6 miliar pada tahun 2016. Hal itu berarti, Apple gagal mewujudkan impiannya, yaitu melampaui jumlah pendapatannya pada tahun 2015 yang tercatat sebesar USD223,6 miliar.

Performa buruk Apple sepanjang tahun 2016 ternyata juga memengaruhi pendapatan para eksekutifnya. Menurut The Next Web, bonus tahunan eksekutif Apple dipangkas hingga menjadi 89,5 persen saja. Keputusan tersebut sebagian besar didasari oleh tidak tercapainya target pendapatan Apple pada 2016.

CEO Apple, Tim Cook adalah salah satu eksekutif Apple yang dipotong bonus tahunannya. Tahun ini, Cook dilaporkan hanya mendapatkan bonus tahunan sebesar USD5,3 juta atau sekitar Rp90,7 miliar. Jumlah tersebut tergolong rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 kemarin, Cook berhasil meraih bonus sebesar USD8 juta, sementara pada 2015, ia memperoleh bonus sebesar USD6,4 juta.

Sepanjang tahun 2016, performa Apple memang tidak terlalu baik. Produk yang menjadi unggulan Apple, iPhone 7, tampil kurang memuaskan. Tidak hanya itu, ia bahkan menimbulkan kontroversi karena hilangnya port audio 3.5mm. Sementara peluncuran MacBook Pro juga diwarnai berbagai masalah, mulai dari kontroversi soal TouchBar dan masalah pada baterai.

Faktor eksternal juga membuat performa Apple menurun sepanjang tahun 2016. Faktor tersebut sebagian besar datang dari Microsoft yang perlahan mulai mengambil alih pasar Apple di sisi industri kreatif melalui produk Surface terbarunya.[mtv/ian]

Category: 

Berita Terkait

Baca juga


Loading...