20 November 2019

Facebook Tolak Waria AS Pakai Nama Palsu

Konfrontasi – Facebook mengambil langkah tegas sebagai jawaban petisi yang dikirim komunitas waria dan transgender. Petisi berisi permohonan untuk pemakaian nama panggung oleh para waria ditolak secara mutlak.

Sebelumnya, sekitar 2.000 orang menandatangani petisi mendukung perubahan nama tersebut. Namun, Facebook tidak menerima alasan berupa jaminan provasi, keamanan dan preferensi dari para waria ini.

Seorang bintang waria asal Seattle, Olivia La Garce mengungkapkan inisial nama waria memang bukan nama asli dari lahir dan sah secara'hukum. Namunm penggunanaan nama samaran ini menjadi bagian tak terpisahlan dari identitas waria untuk melindungi diri pribadi maupun lingkungan masyarakat .

"Ini adalah nama panggilan kami sehari-hari. Kami membangun jaringan, masyarakat, dan penonton kami dengan nama-nama yang telah kami pilih, dan kami merasa sakit dan bingung jika kami dipaksa untuk mengubah nama setelah bertahun-tahun kami bekerja." Jawab La Garce, Senin (15/9).

Senada dengan La Garce, waria asal San Francisco, Sister Roma mengaku kesal karena Facebook menutup akunnya karena tidak memakai nama aslinya yaitu Michael Williams.

Di sisi lain, Facebook menjelaskan kebijakan nama asli berguna untuk menciptakan keamanan bagi masyarakat seluruh dunia, bikan kaum waria semata.

"Jika orang ingin menggunakan nama alternatif di Facebook, mereka memiliki beberapa pilihan yang tersedia, termasuk memberikan nama alias di bawah profil nama mereka, atau membuat halaman khusus.” Ungkap seorang pejabat Facebook dilansir BBC. 

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...