18 January 2020

Facebook Messenger Jadi Celah Serangan Tambang Bitcoin

Konfrontasi - Bitcoin mining adalah sebuah tindakan ilegal apabila dilakukan pada perangkat milik orang lain secara diam-diam. Masalahnya, hal ini marak terjadi belakangan ini. Kini Facebook Messenger menjadi salah satu celah untuk praktek tersebut.

Dikutip dari Independent UK, sebuah malware bernama Digimine diketahui mencari korban untuk menambang bitcoin lewat sebuah file yang dibagikan via Facebook Messenger. Meskipun serangan ini hanya bisa berjalan di komputer, dampaknya tetap berbahaya.

Perusahaan keamanan Trend Micro yang menemukan serangan tersebut menjelaskan serangan ini masuk ke perangkat komputer yang membuka Facebook Messenger lewat peramban internet seperti Chrome.

Apabila Chrome diatur untuk langsung login pada layanan Facebook Messenger, serangan tersebut bisa langsung masuk. Meksipun pengguna bisa menonaktifkan fitur login otomatis di Chrome, tapi tetap saja ini hal yang bisa lebih berbahaya lagi nantinya, jelas perwakilan Trend Micro.

File serangan Digimine yang ditemukan dalam bentuk file format .zip dengan nama video_xxxx.zip. Begitu file ini terbuka, Digimine akan langsung mengunduh komponen bitcoin mining dan menyusup ke dalam sistem komputer.

Pihak Facebook sendiri dikabarkan sudah dihubungi oleh Trend Micro dan mengambil tindakan. Trend Micro menemukan serangan ini ada di beberapa negara seperti, Korea Selatan, Vietnam, Azerbaijan, Ukraina, Filipina, Thailand, dan Venezuela. (mtv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...