25 November 2017

Bengkulu Dijatuhi Meteor, Ini Penjelasan Lapan

KONFRONTASI -  Belum lama ini, warga Bengkulu digegerkan dengan dentuman keras yang diduga berasal dari meteor jatuh. Warga yang mendengar gemuruh suara itu, tepatnya masyarakat yang berada di perbatasan antara Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Bahkan, sebelum dentuman keras itu terjadi, warga melihat sebuah benda berpijar jatuh ke arah hutan.

Fenomena itu pun membuat astronom asal Lapan, Clara Yono Yatini, berkomentar. Menurutnya, fenomena dentuman keras itu bukanlah suatu hal yang baru. Melainkan, fenomena alam yang biasa terjadi.

"Itu fenomena yang bisa saja terjadi. Dalam perjalanannya bumi melewati daerah daerah yang banyak meteornya," ujarnya, Sabtu (31/10).

Dia pun berujar kejadian sekitar tiga hari lalu, bisa diakibatkan dua hal, pertama gesekan meteor dengan atmosfer dan yang kedua adalah meteor bertabrakan dengan bumi.

"Bunyi yang keras mungkin karena meteor tersebut pecah di udara, bisa karena gesekan dengan atmosfer. Bisa juga karena bertumbukan dengan bumi," terangnya.  (Juft/Merdeka)  

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...