16 October 2019

4 Cara Atur Gmail agar Penyimpanan Tidak Penuh

Konfrontasi - Google hanya memberikan kapasitas 15GB masing-masing pengguna untuk menyimpan di Cloud. Namun ruang itu bisa habis karena tumpukan email sejak bertahun lamanya.

Dilansir laman Mashable, Minggu, 26 Mei 2019, berikut ini empat cara mengatur Gmail agar ruang penyimpanan tidak penuh. 

1. Jangan terlalu banyak attachment

Attachment bisa menjadi masalah berkurangnya ruang di Gmail. Tekan menu pencarian di Gmail dan klik pilihan attachment.  Pengguna bisa memilih perlakuan untuk lampiran mereka. Termasuk menghapusnya sekaligus. 

2. Belajar untuk filter

Jika membeli sesuatu secara online, akan banyak email tentang tanda pembayaran di inbox. Email ini akan segera memenuhi ruangan Gmail. 

Cara mudahnya dengan memfilter di Gmail. Buka pesan dan klik tiga titik vertikal di sebelah kanan  lalu tekan 'Sharing Pesan Seperti Ini' atau 'Filter Messages Like This'. 

Fitur itu akan membuat semua pesan inbox dari pengirim itu akan dilakukan filter sesuai permintaan pengguna. Pengguna juga bisa menggunakan search bar di home screen untuk filter segala hal berdasarkan berapa lama dan space yang digunakan oleh email tersebut.

3. Hapus langganan

Email berlangganan atau subscription bisa menumpuk jika tidak langsung dihapus. Layanan gratis bernama Unroll.me bisa memberikan seluruh daftar langganan dan membiarkan pengguna melakukan apa pun sesukanya. 

Namun penggunaan layanan pihak ketiga tersebut harus tetap berhari-hati memberikan akses pada akun pengguna. 

4. Buang sampah

Mengosongkan sampah dan spam harus selalu diingat dan dilakukan secara periodik. Termasuk setelah melakukan tiga langkah di atas, email yang dihapus masih tersimpan di sampah dan tidak secara otomatis menghilang begitu saja. 

Mungkin memang tidak mengambil banyak ruang, namun tidak ada alasan untuk membiarkan email-email itu. (vv/mg)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...