30 May 2017

Rieke dan Eva ajak Rakyat Terapkan Pancasila

KONFRONTASI-Bertepatan dengan Hari Pancasila 1 Juni ini, Ketua DPP PDIP Rieke Diah Pitaloka mengajak rakyat Indonesia menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam diskusi "Perempuan Memantau Visi dan Misi Capres-Cawapres" di Cikini Jakarta, Minggu, Rieke mengatakan Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia yang seharusnya tetap hidup di tengah bangsa Indonesia.

"Saat ini banyak orang mengaku pancasilais tapi prilakunya sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila," kata anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari menjelaskan, jika substansi lima sila Pancasila dipadatkan lagi maka akan menjadi trisila atau trisakti yang adalah pemikiran Bung Karno terhadap kedaulatan bangsa Indonesia.

"Dalam trisaksi ada tiga hal utama yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan," kata Eva.

Anggota Komisi III DPR RI ini menjelaskan, ketiga hal itu seharusnya menjadi nilai-nilai yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Namun realitasnya, kata dia, Indonesia relatif tidak berdaulat dalam bidang politik, tidak berdikari pada bidang ekonomi, dan tidak berkepribadian pada bidang kebudayaan.

Eva memperkuat asumsinya itu dengan mencontohkan, Indonesia kaya sumber daya alam tapi ekploitasinya dilakukan oleh asing. (ant)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



News Feed

loading...

Baca juga


Loading...