Error message

Warning: ini_set(): A session is active. You cannot change the session module's ini settings at this time in drupal_environment_initialize() (line 692 of /home/konfront/public_html/includes/bootstrap.inc).

Warga India Turun ke jalan, Protes Maraknya Pemerkosaan dan Pembunuhan Anak

KONFRONTASI - Ribuan warga India turun ke jalan untuk berunjuk rasa atas maraknya kekerasan seksual terhadap anak. Para demonstran meminta agar pemerintah menindak tegas para pemerkosa.

"'Menghukum yang bersalah' adalah seruan di demo yang digelar pada Minggu (15/4/2018) di New Delhi, Mumbai, Thiruvananthapuram, Bangalore dan kota-kota lain," menurut laporan NDTV India sebagaimana dilansir Al Jazeera, Senin (16/4/2018).

Asifa Bano, seorang gadis dari komunitas Muslim Bakerwal, diperkosa lalu dibunuh di distrik Kathua dekat Jammu. Kasusnya memicu kemarahan publik setelah pengacara berusaha mencegah polisi negara bagian mengajukan tuntutan pada pekan lalu.

"Gadis itu dibius, disimpan di sebuah kuil Hindu, dan diperkosa oleh setidaknya tiga pria selama empat hari pada pertengahan Januari. salah satu pelakunya polisi," kata pihak kepolisian Kathua.

Para pemimpin dari partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP), termasuk dua menteri dari pemerintah Jammu dan Kashmir, mengorganisir demonstrasi untuk membela terdakwa. Para menteri pun akhirnya dipaksa mengundurkan diri pada demo tersebut.

Dalam kasus lain, seorang legislator dari BJP dituduh memperkosa seorang gadis berusia 16 tahun pada bulan Juni tahun lalu di distrik Unnao, Uttar Pradesh.

Kuldeep Singh Sengar, anggota dewan legislatif negara bagian Uttar Pradesh yang berusia 50 tahun, ditangkap pada Sabtu setelah dituduh memperkosa gadis remaja itu.

Dalam kedua kasus, polisi telah dikritik karena lambat untuk menyelidiki, sementara pemerintah dianggap melindungi para terdakwa.

Demo tersebut digelar untuk meminta pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi, menepati janji untuk mengambil tindakan tegas untuk kedua kasus tersebut.

Menurut data National Crime Records Bureau untuk tahun 2016, angka kasus pemerkosaan anak di India meningkat lebih dari 82 persen dibandingkan dengan tahun 2015.(Jft/Trbn)


 

Category: 
loading...

Related Terms



Loading...