25 February 2020

Relawan Eksponen HMI Pro Jokowi Minta Jaksa Agung Jangan Partisan

KONFRONTASI- Wacana perebutan posisi Jaksa agung jadi bahasan politisi partai koalisi Jokowi. Tentu saja, wacana “perebutan” posisi Jaksa agung tidak elok. Pasalnya sebagai bagian dari penegak hukum, sudah selayaknya posisi Jaksa agung di duduki oleh jaksa profesional dan  bebas dari pengaruh partai politik.

Demikian disampaikan Relawan Eksponen HMI pro Jokowi, Mahmuddin Muslim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (2/8).

Menurutnya jika posisi Jaksa Agung diduduki oleh Partai Politik tidak sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi. Pasalnya, pemerintahan Jokowi memprioritaskan pemberantasan korupsi sebagai salah satu program kerja.

“Penegakkan hukum harus imparsial, bagaimana pun, Jaksa agung dari partisan pasti akan meruntuhkan kepercayaan publik pada proses imparsial penegakan hukum,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan jika melihat hasil  pelbagai lembaga  survey, salah satu institusi yang paling koruptif adalah parpol. Maka itu dia menyaran lebih baik Parpol segera berbenah diri guna memperbaiki sistem internal di partai agar terhindar dari prilaku koruptif.

Muslim meminta kepada Presiden Jokowi agar pada  periode kedua ini agar  tidak terlalu mengamini permintaan Parpol koalisi, apalagi berkait posisi yang bersentuhan dengan proses penegakan hukum.

“Masalah klasik pemberantasan korupsi di Indonesia adalah kurang progresif nya instusi penegakkan hukum termasuk kejaksaan agung,” imbuhnya.

Pada periode kedua ini, Jokowi mesti serius mewujudkan janji kampanyenya dan memberantas korupsi tanpa pandang bulu. Menurutnya pemberantasan korupsi mesti di mulai dengan menempatkan jaksa agung yang profesional, progresif dan bukan partisan.

“Bersihkan rumah, mulailah dengan menggunakan sapu yang bersih. Sehingga Pak Jokowi bisa meninggalkan legacy dan kultur yang baik dalam proses penegakan hukum dan rekrutmen Jaksa agung,” demikian Mahmuddin Muslim.

 

 
 
 
 
 
Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...