22 May 2018

Penyelesaian Insiden Batam Tergantung Hasil Investigasi Gabungan Mabes Polri dan TNI

KONFRONTASI - Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Ronny Franky Sompie, mengatakan Tim investigasi gabungan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian telah mulai menyelidiki kronologi insiden penggerebekan minyak mentah jenis solar yang berujung pada penembakan empat anggota TNI di Batam, Kepulauan Riau. Hasil investigasi nantinya akan berbuah kesimpulan dan rekomendasi.

"Nantinya (hasil) investigasi akan menentukan tindakan apa yang dilakukan (instansi) terhadap anggota yang melakukan pelanggaran SOP," katanya Selasa 22 September 2014.

Ronny menjelaskan prosedur standar operasi penegakan hukum pada dasarnya harus dipatuhi. Ketika ada pelanggaran dan telah diketahui, maka baik Polri atau TNI akan mengatasinya dengan hukum acara dan aturan yang berlaku di masing-masing instansi.

"Jadi kami bekerja secara profesional dan proporsional sesuai prosedur yang berlaku," ujar Ronny.

Namun saat ditanyakan kapan hasil investigasi akan dipublikasikan, Ronny belum dapat memastikannya. Dia hanya menegaskan tim investigasi gabungan itu sudah mulai bekerja menyelidiki latar belakang insiden hingga mencari tahu solusi atau bentuk penyelesaian kasus itu.

"Yang jelas tim investigasi ditunjuk untuk menyelesaikan permasalahannya. Semua pertanyaan akan terjawab apabila tim investigasi sudah menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi," kata Ronny.[ian/vvn]

Category: 
Loading...