18 July 2019

Penelitian: Berjalan Kaki Memberi Manfaat Setara Berlari

KONFRONTASI -  Manfaat kesehatan yang didapat dari melatih fisik dengan berjalan kaki setara dengan yang didapat pelari, setidaknya untuk menghadapi masalah hipertensi, diabetes, dan kolesterol.

Kesimpulan di atas didapat setelah peneliti melakukan survei terhadap 50 ribu pelari dan pejalan kaki dari segala lapisan usia. Hasilnya mengatakan, tak ada perbedaan mendasar pada kesehatan orang yang sering melatih fisik dengan berlari maupun berjalan kaki.

Berjalan kaki dan berlari menjadi lahan tes yang ideal terhadap perbedaan hasil latihan fisik yang menengah (jalan kaki) dengan latihan fisik keras (berlari). Kedua latihan fisik ini menggunakan grup otot yang sama, hanya intensitasnya saja yang berbeda, demikian dikatakan Paul T Williams, salah satu pemimpin penelitian ini, dikutip dari Medical Daily.

Ditambahkan Williams, semakin jauh jarak yang ditempuh pelari maupun pejalan kaki saat melatih fisiknya, semakin baik manfaat kesehatannya. Bila jumlah energi yang dikeluarkan setara dari kedua kelompok ini, maka akan lebih mudah mengukur manfaat kesehatannya.

Pemikiran awam akan mengira, semakin sering latihan fisik, maka manfaat kesehatannya pun akan makin besar. Hal ini akan membuat orang yang tak suka olahraga intensitas tinggi (seperti berlari) makin enggan berolahraga. Padahal, hasil riset mengatakan, manfaat berjalan kaki maupun berlari, sama.

Mudah dipahami alasan banyak orang enggan berolahraga karena merasa tidak terbiasa/tidak suka melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi. Nyatanya, hasil studi mengatakan, berjalan kaki --yang lebih mudah dilakukan-- bisa memberi manfaat yang setara.

Hasil studi ini juga mengatakan, orang dengan masalah diabetes yang rutin berlari menunjukkan penurunan kadar gula darah sekitar 12,1 persen, sementara pejalan kaki berhasil menurunkan sekitar 12,3 persen. Risiko penyakit jantung koroner pejalan kaki didapati menurun sekitar 12,3 persen, sementara pada pelari hanya 4,5 persen.(jft/BeritaSatu)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...