23 January 2018

Pelabuhan Bakauheni Mulai Ramai Pemudik

KONFRONTASI - Enam hari menjelang (H-6) Lebaran tahun 2014, pemudik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan mulai berdatangan meskipun masih cenderung normal.

"Jumlah kedatangan pemudik masih cenderung normal, meskipun sudah terlihat sejumlah pemudik yang mulai menyeberang melalui Pelabuhan Merak di Provinsi Banten menuju Bakauheni," ujar Ketua Posko Mudik Lebaran PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Selasa.

Menurutnya, pemudik belum bertambah secara signifikan, diperkirakan baru pada empat hari (H-4) dan tiga hari (H-3) menjelang Lebaran baru terlihat lonjakan penumpang di pelabuhan ini.

Pihaknya telah menyiapkan 28 kapal feri (roll on roll off/ro-ro) agar penyeberangan para pemudik dapat lebih lancar dan nyaman.

Berdasarkan data sepekan menjelang (H-7) Lebaran tahun ini, Heru menyebutkan, sebanyak 28 kapal ro-ro beroperasi dengan 89 trip/perjalanan dari Bakauheni-Merak begitu pula sebaliknya.

"Jumlah kendaraan pribadi sekitar 2.500 unit diseberangkan ke Pelabuhan Merak Banten. Ini menunjukkan sudah ada peningkatan meskipun belum signifikan," ujarnya.

Sedangkan jumlah bus diseberangkan mencapai 500 unit, dengan rincian 100 bus kelas V, kemudian 397 bus kategori VI-pnp.

"Kami akan terus melayani pemudik Lebaran tahun ini dengan sebaik-baiknya tanpa kemacetan," katanya menambahkan.

Jumlah penumpang mudik yang melalui Pelabuhan Bakauheni mencapai 31.230 orang, dengan rincian 1.704 dewasa, 290 anak-anak, serta 29.236 orang penumpang dalam kendaraan.[ian/ant]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...