17 November 2018

Nyaris Diselundupkan, Ratusan Ribu Baby Lobster Kembali Diamankan

KONFRONTASI -  Puluhan boks berisikan ratusan ribu ekor baby lobster kembali dilepasliarkan di perairan pantai barat Pangandaran. Awalnya baby lobster (Panullirus spp) jenis lobster pasir dan mutiara sitaan tersebut hendak diselundupkan oleh para pelaku.

Petugas Badan karantina Ikan,Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI, Emil mengatakan, penangkapan dilakukan di dua lokasi. "Alhamdulillah yang di lokasi pertama kami bisa menggagalkan dan menangkap para pelaku beserta 233.966 ekor baby lobster yang hendak diselundupkan," kata Emil saat dikonfirmasi, Jumat 25 Mei 2018.

Emil menjelaskan, lokasi penangkapan pertama yakni di pelabuhan Merak Banten, sebelum diselundupkan oleh pelaku, kata Emil, pelaku berhasil di tangkap dan mengamankan sebanyak 30 boks yang berisikan benih lobster atau baby lobster

"Penangkapan dilakukan oleh petugas Polsek Pelabuhan Merak Banten sebanyak 30 box dari jenis baby lobster pasir dengan total 233. 966 ekor. Rencananya baby lobster tersebut akan diselundupkan oleh pelaku ke Lampung melalui pelabuhan kapal penyebrangan Merak Banten ke Bakauheni Lampung," tutur Emil. 

 

Lokasi kedua

Emil menambahkan, di lokasi kedua yakni penangkapan dilakukan oleh Ditkrimpidsus Polda Metro Jaya di rest area Cimanggis-Bogor KM 21, sebanyak 8 box dengan jumlah 145. 700 ekor jenis lobster mutiara dan lobster pasir.  "Rencananya akan diselundupkan oleh para pelaku ke Jambi," ujarnya.

Jadi untuk jumlah baby lobster yang berhasil diamankan dari pelaku, lanjut Emil, sebanyak 38 boks yang berisikan sebanyak 379.666 ekor baby lobster. 

"Namun jumlah yang dilepasliarkan di perairan pantai barat Pangandaran sebanyak 379. 416 ekor saja,  sedangkan yang 250 ekor lagi djadikan sebagai barang bukti untuk proses hukum bagi para pelaku penyelundupan baby lobster," kata Emil.

Pelepasliaran yang dilakukan pihak BKIPM dilakukan di perairan Cagar alam pantai barat Pangandaran atau tepatnya 0.5 mil sebelah selatan Cagar Alam Pangandaran dengan menggunakan sebyak 5 perahu pesiar yang dibantu oleh Dinas Kelautan, Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kab Pangandaran, TNI Angkatan Laut Pangandaran, Polair Pangandaran Polres Ciamis dan beberapa anggota Pokmaswas Pangandaran. (Jft/PR)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...