22 August 2019

"Kita Atasi Kampung Pulo. Jakarta nggak perlu Otak, Otot saja. Itu urusan Sampah saja, kok." kata Ahok

KONFRONTASI - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) amat disesalkan publik karena sebut warga Kampung Pulo sebagai sampah. Ahok kembali dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri atas tuduhan menyebarkan fitnah pada Selasa (1/9/2015) sore.

Adapun pihak yang melaporkan Ahok adalah Lieus Sungkharisma yang mengatasnamakan perwakilan Gerakan Lawan Ahok.

Melalui laporan bernomor LP/1026/IX/2015/Bareskrim mantan Wakil Gubernur Ibukota ini diduga melakukan fitnah dan pencemaran nama baik atas ucapannya dengan pelanggaran Pasal 310 dan 311 KUHP.

Adapun ucapan yang diperkarakan tersebut saat Ahok mengatakan, "Kita Atasi Kampung Pulo. Jakarta nggak perlu otak, otot saja. Itu urusan sampah saja, kok."

"Pelapornya Pak Lieus. Dia warga Jakarta yang keberatan atas pernyataan Ahok. Ini tidak pantas diucapkan oleh seorang kepala daerah, semoga bisa ditertibkan," ucap Ketua Gerakan Lawan Ahok, Tegar Putuhena, di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2015).

Gerakan Lawan Ahok telah menyerahkan barang bukti utama berupa rekaman ucapan Ahok tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku santai dilaporkan oleh Gerakan "Lawan Ahok" ke Bareskrim Polri. Sebab, Basuki sebelumnya telah berulangkali dilaporkan ke Bareskrim Polri serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Sudah sering kayak gitu, dilaporin," kata Basuki, di Balai Kota, Selasa (2/9/2015) malam.  Basuki memandang, pelaporan yang dilakukan Gerakan "Lawan Ahok" ini serupa dengan pelaporan yang pernah diadukan DPRD ke Bareskrim beberapa waktu lalu.

Pola pelaporannya adalah dengan mengumpulkan kliping koran serta rekaman pernyataannya di siaran televisi. (Baca: Dituduh Fitnah dan Cemarkan Nama Baik, Ahok Dilaporkan ke Bareskrim)

"Masih ingat enggak pas DPRD laporin saya pakai kumpulin kayak kliping gitu, pas bikin pansus itu," kata Basuki. 

Basuki hanya menduga pelaporan yang dilakukan Gerakan "Lawan Ahok" serupa dengan pelaporan yang dilakukan beberapa anggota DPRD. "Polanya mirip banget aku bilang," kata Basuki.

Adapun Gerakan "Lawan Ahok", Selasa (1/9/2015) sore melaporkan Basuki ke Bareskrim Polri.

Dalam laporan LP/1026/IX/2015/Bareskrim, Basuki dilaporkan oleh Lieus Sungkharisma, warga Taman Sari Jakarta Barat atas dugaan fitnah dan pencemaran nama baik, sesuai pasal 310 dan 311 KUHP.

Basuki dilaporkan atas pernyataannya yang dianggap pelapor telah menyakiti hati anak bangsa, yakni soal penggusuran Kampung Pulo, Jakarta Timur beberapa waktu lalu"Ahok menganggap rakyat sampah. Pernyataan Ahok ini sesungguhnya telah menghina rakyat Indonesia. Sangat menyakiti anak bangsa," katanya.

[rok] -

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...