22 April 2019

Kampung Jawa Muslim di Pulau "Ko Panyi", di Thailand

KONFRONTASI -   Mayoritas warga Thailand memang beragama Buddha. Tapi siapa sangka, di dekat Phuket terdapat pulau mungil yang dihuni masyarakat beragama Islam. Nama pulau tersebut bahkan diadaptasi dari bahasa Jawa.

Ko Panyi, begitu nama pulau yang terletak di Provinsi Phang Nga. Provinsi berupa kepulauan ini terletak di dekat Phuket, hanya sekitar 30 menit perjalanan kapal dari pulau eksotis tersebut. Ko Panyi disebut juga Moslem Village, dan jadi destinasi populer wisatawan di kawasan tersebut.

Kata 'Panyi' sendiri berasal dari bahasa Jawa 'panji' alias bendera. Begitu kata Ahmad, pemandu dari Tourism Authority of Thailand (TAT) yang menjelaskan kepada detikTravel waktu berkunjung ke sana. Pulau ini memang pertama didatangi oleh warga Jawa. Mereka menancapkan bendera (panji) untuk menandai teritori.
 

 

Hal pertama yang terlintas dalam pandangan pastilah masjid berkubah emas. Masjid Panyi, begitu nama bangunan tersebut, bertembok putih bersih dan berkubah emas sehingga tampak mencolok di tengah pulau. Masjid Panyi bahkan sudah terlihat saat kapal turis mendekati pulau.

Di dekat dermaga, terdapat lapangan futsal terapung yang jadi salah satu keunikan Ko Panyi. Tiap waktu salat, adzan berkumandang dari arah masjid. Ko Panyi kini dihuni sekitar 2.000 orang Muslim. Kesederhanaan dan keramahtamahan menjadi ciri khas mereka. Para perempuan di pulau ini juga mengenakan jilbab, seperti wanita Muslim pada umumnya.

Traveler bisa berjalan menyusuri jalan-jalan berliku di Ko Panyi. Jangan takut tersasar, karena pulau ini cukup mungil. Anda juga bisa bertanya arah kepada orang lokal.

Di bagian tengah pulau terdapat pasar suvenir dan kebutuhan sehari-hari. Satu gang penuh pedagang menjajakan suvenir dari kaus sampai makanan ringan. Anda bisa mencicipi aneka kuliner halal seperti udang kering dan donat isi custard rumput laut.

Lihat videonya, terdapat Muslim jawa lengkap dengan perkampungan dan mesjidnya yang besar:  https://www.youtube.com/watch?v=RyPi95-vdV4(jft/Detik)

 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...