24 August 2019

Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Hamil Anak Kembar

KONFRONTASI-Hamil kembar memberi kegembiraan tersendiri. Tentu berbeda dengan kehamilan pada umumnya dan jelas ada banyak hal lain yang harus diperhatikan lebih. 

Bagi wanita, perjalanan kehamilan memang tidak selalu menyenangkan. Namun, agar lebih mudah untuk ditangani, seperti dilansir Times of India, ada 6 hal yang perlu diketahui ibu hamil, khususya anak kembar, apa saja? 

1. Anda membutuhkan 600 kalori ekstra per hari
Menurut Kongres Ahli Obstetri dan Ginekologi Amerika, direkomendasikan untuk mengonsumsi 300 kalori per hari, per anak di atas asupan kalori normal. Jika anak kembar, dibutuhkan 600 kalori lebih banyak. Namun, jangan memaksakan diri untuk mendapatkan angka itu. Ada baiknya untuk berkonsultasi. Dokter akan merekomendasikan 1 mg asam folat per bayi bersama dengan vitamin prenatal.

2. Berisiko alami preeklampsia dan diabetes gestasional 
Salah satu risiko terbesar kehamilan kembar adalah persalinan prematur. Ibu kembar juga memiliki risiko lebih besar mengalami preeklampsia dan diabetes gestasional. Ketika hamil dengan bayi kembar, seorang ibu harus mengharapkan lebih banyak kunjungan dokter dan ultrasonografi untuk memantau bayi dan kesehatan mereka sendiri.

3. Mual 
Seorang ibu kembar dapat mengalami gejala mual di pagi hari. Mungkin mengalami lebih banyak nyeri payudara dan penambahan berat badan lebih cepat. 

4. Jantung ibu kembar bekerja lebih keras 
Karena penambahan berat badan ekstra dan beban depan ekstra, ibu hamil dengan kembar merasa lebih lambat dan lebih berat. Volume darah mereka juga dapat meningkat hingga 70 persen yang berarti jantung Anda bekerja lebih keras. Bahkan saat berjalan, Anda mungkin merasa sedang berolahraga. Mereka mungkin kesulitan untuk menaiki tangga, tertidur dan melakukan sejumlah tugas rutin lainnya.

5. Waktu kelahiran 37 minggu
Menurut meta-analisis 2016 yang melihat studi kelahiran selama 10 tahun, mencakup 35.000 kehamilan kembar, melahirkan dua bayi dengan dua plasenta adalah selama minggu ke-37.

Untuk kembar yang berbagi satu plasenta, minggu terbaik untuk melahirkan adalah minggu ke-36. Yang terbaik untuk membuat rencana dengan dokter Anda jauh di muka karena waktu pengiriman mungkin berbeda untuk setiap orang.

6. Dokter khusus
Kita semua berpikir bahwa persalinan kembar membutuhkan operasi cesar, tetapi tidak perlu. Memiliki kelahiran normal juga dimungkinkan, jika bayi pertama datang dengan kepala tertunduk. Yang terbaik adalah menemukan tim dokter yang tahu cara menangani kembar kedua.[mr/snd]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...