26 May 2017

HUT TNI ke-69, SBY: Kita Akan Hitamkan Langit Surabaya

KONFRONTASI - Perayaan puncak HUT TNI ke-69 disebut-sebut sebagai yang terbesar sejak berdirinya republik ini. Perayaan akan digelar di Markas Komando Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya hari ini.

Presiden SBY dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara dalam acara ini. "Tanggal 7 Oktober langit di atas kita akan hitam," kata SBY di lokasi acara, Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin 6 Oktober 2014.

Menurut dia, langit Surabaya akan dipenuhi oleh ratusan pesawat TNI. Di sana akan melintas lebih dari 500 pesawat terbang dari Angkatan Darat, Laut, maupun Udara.

Sebanyak 18.580 personel TNI akan dilibatkan dalam acara ini. TNI AD akan mengerahkan 192 alutsista, diantaranya, Tank Leopard, Tank Marder, Panser Tarantula, dan Tank Scorpio.

TNI AL mengeluarkan 195 alusista. Di antaranya, KRI Bung Tomo, KRI Usman Harun, dan KRI John-Lie yang baru baru dibeli dari Inggris.

Juga tak mau kalah, TNI AU akan menampilkan 139 pesawat. Pesawat itu, antara lain Sukhoi Su27/30, F5 Tiger, F-16 Fighting Falcon, dan Super Tucano.[ian/snw]

Category: 

loading...

Related Terms



News Feed

Loading...