27 May 2018

Gunakan Tujuh Bahan Alami Ini untuk Atasi Sakit Tenggorokan saat Puasa

KONFRONTASI -  Berubahnya pola makan saat puasa seringkali menimbulkan beberapa penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang paling sering dialami adalah radang tenggorokan, yang diakibatkan dari kurangnya asupan nutrisi saat tengah menjalankan ibadah puasa. 

Ya, tak hanya menyebabkan rasa perih dan gatal yang menggangu, penyakit satu ini juga tentunya akan membuat puasa tidak khusyuk. Namun jangan khawatir, karena sederet bahan alami ini dapat meringankan sakit tenggorokan secara instan. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir Boldsky:

1. Bawang putih

 

 

Bawang putih dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Kedua sifat ini sangat baik untuk membantu meringankan peradangan, termasuk infeksi pada tenggorokan. Bukan itu saja, zat allicin yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat untuk membunuh virus dan bakteri penyabab sakit tenggorokan.

2. Cuka apel

Tak hanya bawang putih, cuka apel juga dikenal memiliki sifat antibakteri yang cukup tinggi, sehingga dapat meredakan sakit tenggorokan. Caranya, campurkan satu sendok makan cuka apel dan satu sendok teh madu dengan satu gelas air hangat, minum secara rutin dua kali sehari hingga sakit mereda. 

3. Lemon

Saat tenggorokan mulai terasa perih dan gatal, kamu juga bisa menggunakan air perasan jeruk lemon untuk menetralisir rasa sakitnya. Caranya, campurkan tiga sendok makan air jeruk nipis dan satu sendok teh madu ke dalam gelas berisi air hangat. Minum secara teratur.

4. Kayu manis

Selain menyedapkan makanan, kayu manis juga dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan. Caranya, campurkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok madu, minum dua kali sehari sampai rasa gatal di tenggorokan hilang. 

5. Kunyit

Dikenal dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi, kunyit merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Tak sulit mengolahnya, kamu hanya perlu mencampurkan sejumput kecil bubuk kunyit dengan segelas air hangat, lalu minum saat perut kosong di pagi hari.

6. Cengkeh

Beraroma tajam dan bercita rasa pedas, mengkonsumsi beberapa butir cengkeh saat sakit tenggorokan juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakitnya. Ya, diperkaya dengan antioksidan dan antibakteri, rempah satu ini dapat membantu sangat baik untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan secara efektif.

7. Jahe

Bahan alami terakhir yang dapat meredakan sakit tenggorokan adalah jahe. Memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang kuat, jahe dipercaya dapat membantu dalam melawan sakit tenggorokan secara instan. Caranya, rebus dua gelas air bersama 5 iris jahe, tunggu sekitar 10-15 menit hingga air berkurang setengahnya, kemudian minum secara teratur sampai rasa sakit hilang. 

Selamat mencoba! (Jft/Uzone)

Category: 
Loading...