18 October 2018

Bila Kepergok Begal, Tidak Perlulah Melawan

KONFRONTASI -   Dalam press release di Mapolres lumajang, terkait begal, masyarakat dihimbau, agar tidak melakukan perlawanan terhadap begal, ketika beraksi. Karena, kawanan begal ini sangat kejam dan sadis, dan mereka tega menghabisi korbannya, bila korbannya melawan.

Hal itu dikatakan Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran, SH, M.Hum, saat release di Mapolres Lumajang, pada Kamis (11/10) siang.

“Saya menghimbau, jika bertemu begal, hendaknya jangan melawan, karena bila dilawan, komplotan begal bisa brutal. Utamakan keselamatan, kenali ciri-cirinya,” harap Kasat Reskrim Polres Lumajang.

Menurut AKP Hasran, komplotan begal merupakan kelompok yang sudah mempersiapkan diri dengan sajam (senjata tajam) untuk menghabisi sasaran, bila melawan.

Dalam aksinya, komplotan begal ini biasanya membuntuti korbannya. Setelah dekat, korban ditendang hingga jatuh dari sepeda motornya. Setelah itu mereka membacok korban dan membawa lari sepeda motornya.

“Yang terpenting, saat ketemu begal, usahakan tenang, kenali mereka, dan segera laporkan ke kami. Karena aparat kepolisian memiliki data-data pelaku,” terangnya.

Dijelaskan, bahwa dari penyidikan, selama tiga hari, sebanyak 9 pelaku begal sadis dan penadah yang selama ini meresahkan masyarakat Lumajang, berhasil dibekuk. Mereka kebanyakan berasal dari Lumajang sendiri.

Kini mereka mendekam di rumah tahanan Polres Lumajang, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Barang bukti yang berhasil diamankan adalah, beberapa sepeda motor hasil curian, sajam (pisau, celurit), dan mobil Veroza.

Ancaman bagi pelaku begal, mereka bisa di hukum selama 10 tahun penjara atas perbuatannya.(juft/Suaramedianasional)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...