14 November 2019

Benarkah Tidur Miring ke Kiri Selama Hamil Lebih Baik?

Konfrontasi - Kita semua memiliki posisi favorit saat tidur, tetapi ketika Anda hamil, kebiasaan tidur menjadi berubah. Bayi memutuskan bagaimana Anda tidur!

Sudah lama, ibu hamil percaya bahwa tidur di sisi kiri sangat penting. Bagi sebagian orang, tidur dengan miring ke kiri berfungsi sebagai posisi paling nyaman tanpa menyakiti punggung karena tekanan yang berlebihan pada perut.

Wanita juga disarankan untuk tidak tidur telentang selama kehamilan karena pembuluh darah cenderung dikompresi oleh rahim yang berat. Ini berarti bayi akan mendapatkan aliran darah terbatas dan bisa kekurangan berat badan. Namun, semua mungkin tidak benar sama sekali. 

Menurut penelitian, tidur di sisi kiri tidak terlalu membantu. Faktanya, posisi tidur selama trimester pertama sebenarnya tidak mempengaruhi periode kehamilan sembilan bulan dengan cara apapun.

Sebuah studi yang dilakukan di University of Utah menunjukkan bahwa posisi tidur selama kehamilan tidak masalah atau berdampak pada kesehatan bayi. Untuk hal yang sama, para peneliti yang bekerja pada penelitian ini mengamati pola tidur hampir 9000 wanita di sekitar tanda enam bulan atau periode kehamilan 30 minggu.

Studi ini tidak memasukkan wanita yang melewati 30 minggu kehamilan karena posisi tidur agak disarankan dan diperhatikan dalam 5-6 bulan pertama ketika bayi mengembangkan anggota tubuh dan otot yang penting.

Hasilnya, wanita yang memilih untuk tidur di sisi kanan atau belakang mereka tidak lebih mungkin mengalami komplikasi serius, seperti tekanan darah tinggi, kematian bayi atau premature daripada wanita yang tidur di sisi kiri mereka.

"Kita dapat meyakinkan wanita bahwa melalui kehamilan 30 minggu, posisi tidur yang berbeda aman,” kata salah satu peneliti.

Hasil penelitian dapat membantu menyelesaikan keraguan bagi wanita hamil yang khawatir melukai bayinya dengan tidur telentang atau mengubah posisi pada malam hari. Tidur dengan posisi yang benar atau posisi apapun yang Anda rasa nyaman, hal ini tidak menimbulkan ancaman atau komplikasi serius bagi kesehatan bayi. (snd/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...