20 January 2020

Banjir di kabupaten Bandung DIsebabkan Semakin Dangkalnya Sungai

KONFRONTASI - Banjir melanda kawasan Sapan Kampung Cikeruh, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (8/3/2017) malam.

Hujan dengan intensitas tinggi diduga menjadi penyebab banjir yang melanda enam RW tersebut.

Dadang (47), warga RT 03 RW 08, mengatakan bahwa banjir kerap terjadi di kawasan tersebut ketika curah hujan tinggi. Kondisi itu, kata Dadang, diperparah dengan semakin dangkalnya Sungai Citarum, Cikeruh, dan Citarik yang melingkari kawasan tersebut.

"Kalau dangkal begini jadi gampang meluap, air tumpah ke jalan dan rumah-rumah warga," kata Dadang kepada Tribun di kediamannya, Rabu (8/3).

Biasanya, kata Dadang, banjir surut dalam satu hari. Namun, belakangan ini sudah seminggu kawasan tersebut terkena banjir. " Biasanya tidak sampai selutut, sekarang sudah lebih dari lutut, padahal jalan sudah ditinggikan oleh dinas," ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun Tribun, banjir melanda RW 6, 7, 8, 9,10 dan 14. Beberapa kendaraan roda dua dan empat terpantau melaju dengan kecepatan perlahan saat melewati genangan air yang setinggi lutut orang dewasa.

Tak pelak, sejumlah kendaraan pun mengalami mogok. "Apalagi kemarin saat hujan, banyak yang mogok, airnya bahkan bisa lebih tinggi dari ini, dalam minggu ini sepertinya sudah tiga kali banjir melanda," kata Ade (50) warga lainnya.

Ade mengatakan, hujan turun di kawasan tersebut sejak Selasa sore hingga malam. "Di rumah saya banjir sampai 30 centimeter," katanya.(Juft/Trbn)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...