15 October 2019

Atasi Karhutla, Polda Kalsel Tingkatkan Koordinasi

KONFRONTASI-Kepala Polda Kalimantan Selatan Inspektur Jenderal Polisi Yazid Fanani mengatakan diperlukan kerja sama semua pihak untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.
"Harus ada kerja sama yang baik dan berkesinambungan agar akar permasalahan yang dihadapi bersama ini bisa dituntaskan dengan baik," kata Fanani melalui siaran pers diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, kebakaran menjadi kejadian yang bisa jadi tidak ada habisnya walau harus disadari bahwa sesuatu tidak akan terbakar kecuali ada oknum yang memicu kebakaran itu.

Ia juga menekankan penting meningkatkan kewaspadaan akan k sebagai dampak dari kemarau panjang. "Suhu udara pada musim kemarau kali ini lebih panas dari kemarau sebelumnya berdasarkan prediksi dari BMKG dan mungkin kebakaran hutan dan lahan akan meningkat," katanya.

Ia berharap tim Satgas Karhutla Kalimantan Selatan bisa meminimalisasi ancaman yang ada dan melakukan pencegahan ​​​​bersama TNI, Kepolisian Indonesia, BPBD serta masyarakat.

Untuk memaksimalkan upaya penanggulangan, Fanani dengan mengenakan masker turun langsung mengecek titik api di lokasi kebakaran hutan dan lahan di sana, Rabu.

Bersama sejumlah pimpinan formal setempat dia juga mengecek normalisasi sungai saluran pembuangan embung landasan ulin di Jalan Guntung Damar Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah merupakan beberapa provinsi yang dilanda kebakaran hutan di Tanah Air pada musim kemarau kali ini. 

Kodam VI Mulawarnan siap kerahkan personel atasi karhutla.[mr/tar]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...