21 March 2019

AJI Gelar Kongres di Bukittinggi

KONFRONTASI-Aliansi Jurnalis Independen (AJI) segera menggelar kongres kesembilan. Kongres akan digelar pada 27 hingga 29 November 2014 di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Lebih 200 jurnalis delegasi AJI Kota seluruh Indonesia akan menghadiri kongres. Agenda kongres antara lain memilih Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI Indonesia periode 2014-2017.

Sekretaris Jenderal AJI Indonesia, Suwarjono, mengatakan sejak berdiri pada 1994, ini pertama kalinya kongres digelar di Sumatera.

"Selain indah, Bukittinggi adalah kota yang kaya sejarah. Terpilihnya Bukittinggi dan AJI Padang sebagai tuan rumah setelah melalui proses seleksi yang dilakukan pengurus AJI Indonesia," ujarnya, Kamis 6 November 2014 malam.

Menurut Suwarjono, kongres akan membahas isu-isu strategis. Baik isu organisasi hingga perkembangan media massa ke depan.

Selain memilih ketua dan sekjen, kongres juga akan membahas perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, memilih Badan Pertimbangan Organisasi, Badan Pemeriksa Keuangan dan Majelis Etik. Kongres juga akan merumuskan pokok-pokok program kerja selama tiga tahun ke depan.

Sebelum kongres menurut Suwarjono, AJI juga akan menggelar Seminar Nasional bertajuk 'Peluang Kewirausahaan Bidang Media Bagi Jurnalis' yang bisa diikuti oleh khalayak umum.

Seminar ini bertujuan sebagai antitesa dari perkembangan media massa saat ini yang kepemilikannya dikuasai segelintir orang. Menurut Suwarjono posisi jurnalis terdesak oleh kepentingan pemilik modal.

Memberikan pemahaman seluk beluk membangun kewirausahaan di bidang media diharapkan menjadi salah satu alternatif agar jurnalis mampu mandiri, bahkan berpeluang membangun media sendiri.

"Dengan demikian, media dan informasi tidak hanya dikuasai segelintir pemodal besar," ujarnya. (via)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...