28 February 2020

Agam Membutuhkan Dua Dermaga

Konfrontasi - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membutuhkan dua dermaga di Danau Maninjau guna memperlancar pengangutan hasil perkebunan masyarakat ke pasar tradisional.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam Maryunis di Lubuk Basung, Senin (14/12) mengatakan dua dermaga tersebut berada di Bayua dan Muko-muko.

"Kita telah mengajukan dana untuk pembangunan dua dermaga ini ke Kementerian Perhubungan," katanya.

Sebelumnya, dua unit dermaga di Sungai Batang dan Tanjung Sani telah dibangun pada 2014. Untuk masing-masing dermaga ini dengan anggaran sebesar Rp3,5 miliar yang berasal dari pemerintah pusat.

"Pembangunan dua dermaga ini berjalan dengan baik dan sesuai kontrak kerja," tambahnya.

Pembangunan dermaga ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali transportasi di danau vulkanik tersebut, sehingga dapat memperlancar masyarakat membawa hasil perkebunan ke pasar tradisional.

Selain itu untuk mempermudah evakuasi warga saat terjadi longsor di daerah itu.

"Daerah ini merupakan rawan longsor saat curah hujan yang mengakibatkan arus transportasi darat tidak bisa dilalui kendaraan," tegasnya.

Salah seorang warga Tanjung Raya, Zainal (47) mendukung pembangunan dermaga yang akan dilakukan Pemkab, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya berharap pembangunan ini terwujud dalam waktu denat," katanya. (akl/ar)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...