16 June 2019

Ada Ratusan Ribu Warga Wonogiri yang Masih Jomblo

KONFRONTASI-Kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah memiliki jumlah penduduk lajang yang lumayan banyak. Dari total 616.389 penduduk Wonogiri, sedikitnya 196.584 berstatus lajang alias jomblo.

Berdasar data Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, lajang berjenis kelamin laki-laki lebih banyak ketimbang wanita. Sebanyak 122.497 dari 196.584 penduduk yang lajang adalah laki-laki, sedangkan sisanya sebanyak 74.087 perempuan.

Usia para jomlo di Wonogiri pun beragam. Rentang usia mereka antara 15 sampai 54 tahun.

Psikolog dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Wonogiri Sri Sundarini mengatakan, ada beragam penyebab seseorang masih betah melajang. Jika dilihat sisi psikologisnya, kata Sri, bisa jadi karena mereka belum memiliki kesiapan secara mental untuk menikah dan berkomitmen.

"Faktor ekonomi yang kurang mapan akan mempengaruhi kesiapan seseorang untuk menghidupi keluarganya. Sehingga dia merasa tidak siap dan kurang mampu mencukupi kebutuhan keluarganya kelak," kata Sri.

Latar belakang keluarga yang bermasalah juga bisa memengaruhi kesiapan seseorang untuk berkeluarga. "Misalnya, adanya trauma psikologis yang menyebabkan seseorang takut menikah," papar perempuan yang juga menjabat ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Wonogiri itu.[mr/jpn]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...