24 August 2019

Aceh Singkil Mencekam, Rumah Ibadah Dibakar

KONFRONTASI-Suasana Aceh Singkil mencekam. Wakil Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, pun mengimbau kepada warga baik yang beragama Islam maupun Kristen untuk sama-sama menahan diri. Hal itu agar terciptanya suasana damai paska aksi pembakaran rumah ibadah disusul bentrokan yang terjadi siang tadi.

"Kami mengimbau kepada semua masyarakat, baik agama Islam maupun agama Kristen tolonglah sama-sama menahan diri, sehingga tidak menimbulkan suasana yang merugikan daerah kita sendiri,” kata Dulmusrid dilansir Okezone, Selasa (13/10/2015).

Selain itu, dia juga meminta tokoh agama ikut menenangkan masyarakat agar tidak terprovokasi dengan berbagai informasi yang disebar oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

“Agar bisa tercipta kembali suasana yang kondusif,” sebutnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil terus mencari solusi terhadap permasalah pembakaran di rumah ibadah itu. Bahkan dalam rapat kemarin sudah disepakati pembongkaran sebagian rumah ibadah tanpa izin tersebut.

Paska-bentrokan, Dulmusrid mengatakan, dirinya bersama Bupati langsung turun menenangkan massa dan berkordinasi dengan para pihak termasuk tokoh agama.

“Belum memungkinkan kita buat pertemuan, tapi tadi sudah kita koordinasikan dengan semua,” ujarnya.

Sementara kondisi di lokasi bentrokan hingga malam ini masih mencekam. Bukan hanya di Desa Dangguran, Kecamatan Simpang Kanan tempat terjadinya bentrokan dan Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah lokasi pembakaran rumah ibadah saja yang mencekam.

“Kampung-kampung dekat lokasi ini menurut laporan juga masih dalam suasana mencekam. Aparat TNI dan polisi masih berjaga-jaga untuk mencegah kemungkinan adanya bentrok susulan, ada ratusan petugas di lapangan,” sebutnya.

Dulmusrid menyebutkan, sejumlah warga di lokasi bentrokan sudah mengungsi ke tempat sanak saudaranya yang dianggap aman, karena khawatir terjadinya kerusuhan lagi.

“Ada beberapa yang mengungsi, mungkin khawatir,” sambungnya.

Di sekitar lokasi bentrokan, menurut dia, keamanan Aceh Singkil secara menyeluruh masih kondusif meski aparat keamanan terus disiagakan di sejumlah tempat.[mr/okz]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...