16 December 2019

7 Hal Penting yang Mesti Diketahui Terkait Kanker Payudara

KONFRONTASI-Kanker payudara kerap dikaitkan dengan bra underwire hingga antiperspiran dan deodorant. Semua itu diyakini sebagai penyebab penyakit mematikan itu. Sementara, kesadaran untuk kanker payudara dan pengetahuan atas penyakit itu masih sangat rendah. 

Tanda-tanda kanker payudara, termasuk pembentukan benjolan, penebalan payudara dan perubahan pada kulit atau puting, dapat disebabkan karena faktor genetik dan gaya hidup. Pembedahan, kemoterapi, dan terapi radiasi adalah beberapa perawatan standar untuk kanker payudara.

Seperti dilansir Times of India, ada 7 hal penting yang harus diketahui setiap orang tentang kanker payudara, apa saja? 


1. Umur
Kanker payudara tidak terjadi pada usia tertentu. Itu bisa terjadi pada wanita dari semua kelompok umur. Apakah berusia 23 atau 50 tahun, peluang terkena kanker payudara adalah sama. Jadi, setelah merasakan adanya benjolan atau menyaksikan kelainan pada payudara, lakukan diagnosis. Menghindari masalah ini untuk waktu yang lama bisa berbahaya.

2. Tidak semua orang harus mengalami hal yang sama
Didiagnosis menderita kanker payudara dapat menimbulkan trauma. Semua orang di sekitar Anda akan memberi tahu Anda berbagai jenis kisah terkait penyakit ini, tetapi tidak semua yang didengar dapat dipercaya. Tidak semua pengobatan kanker memiliki tujuan yang sama.

3. Kemoterapi
Sangat normal untuk merasa khawatir tentang seluruh proses kemoterapi, tetapi tidak terlalu buruk. Beberapa orang memang mengalami efek samping yang parah, sementara yang lain tidak. Ini sepenuhnya tergantung pada kondisi Anda dan merupakan program pengobatan yang efektif untuk kanker. (Baca juga: Influenza, Penyakit Saluran Napas Akut yang Mudah Menular).

4. Alternatif
Setelah didiagnosis menderita kanker payudara, disarankan untuk mendapatkan alternatif. Kadang-kadang, dokter dapat melewatkan gejalanya pada putaran pertama yang dapat memperburuk kondisi. Jadi, jika Anda benar-benar merasa ada sesuatu yang tidak beres, konsultasikan dengan dokter lain. Bahkan untuk pengobatan, ada baiknya untuk mendapatkan pilihan kedua.

Tidak dapat dipungkiri pengobatan kanker payudara bisa sangat menguras tenaga, baik secara emosional maupun fisik. Pergi ke rumah sakit dua kali atau tiga kali dalam sebulan untuk kemo, menyaksikan rambut Anda rontok, bisa membuat hati hancur. Keinginan untuk berhenti mungkin sangat tinggi, tetapi tetap kuat dan terus bergerak.

6. Kanker payudara bisa disembuhkan
Berita baiknya adalah peluang bertahan hidup pasien kanker payudara adalah yang tertinggi. Sekitar 95 persen mereka yang menderita penyakit ini sembuh total, setelah menerima perawatan yang tepat.

7. Pria bisa terkena kanker payudara
Kanker payudara bukanlah penyakit yang terbatas pada wanita, pria pun dapat menderita penyakit ini. Sekitar satu persen dari semua kanker payudara terdeteksi pada pria. Jadi, jika Anda seorang pria dan telah mendeteksi benjolan aneh di daerah dada Anda, maka Anda harus menemui dokter.[mr/okz]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...