20 January 2020

57 Kali Beraksi, Polisi Hentikan Aksi Pelaku Ganjal ATM

Konfrontasi - Dua pelaku aksi penganjal Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berinisial FDS alias P (32) dan JND alias W (36), ditangkap aparat Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Komplotan pelaku yang berjumlah 4 orang itu sudah melakukan aksinya sebanyak 57 kali.

“Modus pelaku mengganjal mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi dan sudah melakukan aksinya sebanyak 57 di tempat kejadian perkara (TKP),” kata Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Aris Supriyono.

Dari hasil interogasi diketahui pelaku mempunyai peran masing-masing dalam menjalankan aksinya. FDS alias P berperan sebagai orang yang mengganjal mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi dan berpura-pura membantu korban.

“Saat korban kesulitan mengambil uang di ATM, pelaku berpura-pura menolong korban dan menukar ATM dengan yang telah disediakan pelaku,” papar AKBP Aris.

Ketika korban akan mengambil uang kembali dengan kartu ATM yang sudah ditukar oleh FDS alias P, korban akan mengalami kegagalan memasuki pin ATM.

“Sedangkan saat itu, pelaku JND alias W yang berada dibelakang korban, terus memperhatikan korban menekan nomor pin. Selanjutnya JDN alias W menelepon temannya yang telah memengang ATM asli milik korban dan memberitahu nomor pin korban,” terang AKBP Aris.

Polisi masih mengejar 2 pelaku lain yang masuk daftar pencarian orang (DPO) aksi ganjal ATM ini, mereka adalah WDN sebagai supir saat menjalankan aksinya dan MNC sebagai penampung uang hasil kejahatan.Dari pengungkapan itu polisi menyita puluhan ATM dari berbagai bank, handphone dan tusuk gigi. (HanTer/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...