22 July 2019

5 Tanda Melahirkan Sudah Dekat

KONFRONTASI-Kamu mungkin sudah mengetahui HPL (Hari Perkiraan Lahir) sejak pertama kali berkonsultasi dengan dokter kandungan. Namun, HPL bisa saja berubah akibat banyak faktor. Mungkin saja hari persalinan kamu maju lebih cepat atau bahkan mundur lebih lama. Banyak hal yang menyebabkan perubahan HPL itu sendiri.

Nah, oleh karena itu, ada baiknya untuk kamu mengetahui seperti apa proses melahirkan itu dimulai, minimal dengan mencari tahu tanda-tanda segera melahirkan. Dengan mengetahui tanda-tandanya, kamu jadi bisa lebih fokus dalam mempersiapkan tenaga, mental, dan pikiran. Seperti apa tanda-tandanya?

1. Terasa nyeri di selangkangan

Tanda segera melahirkan yang pertama adalah merasakan nyeri di selangkangan. Rasa nyeri ini timbul karena adanya tekanan sebagai akibat posisi kepala janin sudah turun ke bawah ke daerah rangka tulang pelvis. Janin yang Mulai menekan kandung kemih juga akan membuat kamu jadi sering buang air kecil. Selain itu, kamu juga akan merasa sakit pada perut, mulas, sering buang air besar, dan buang angin.

2. Sakit pada panggul dan tulang belakang

Selain merasakan tanda di atas, ibu hamil juga akan merasakan sakit yang luar biasa pada bagian panggul dan bagian tulang belakang. Rasa sakit ini disebabkan oleh pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang.

Kalau sudah merasakan tanda-tanda ini, segera pergi ke rumah sakit untuk menemui dokter kandungan. Namun, jangan lupa meminta bantuan orang rumah untuk menyiapkan segala kebutuhanmu, termasuk cek tagihan listrik rumah supaya tak ada beban pikiran apa pun selama menginap di rumah sakit.

3. Keluarnya lendir kental bercampur darah

Tahukah kamu kalau selama kehamilan, bayi akan tersumbat dalam rahim oleh mukus atau gumpalan lendir yang lengket pada leher rahim. Saat persalinan dimulai dan serviks mulai membuka, gumpalan mukus tadi akan terlepas.

Nah, pada saat bersamaan, membran yang mengelilingi bayi dan cairan ketuban agak memisah dari dinding rahim. Penampakan dari darah dan mukus yang keluar ini tampak seperti cairan lengket berwarna merah muda. Nah, kalau ada lendir kental berwarna merah tiba-tiba keluar, itu artinya kamu akan segera menjalani proses melahirkan.

4. Kontraksi yang teratur

Salah satu tanda melahirkan yang paling umum adalah terjadinya kontraksi. Mulanya, kontraksi terasa seperti sakit pada punggung bawah yang berangsur bergeser ke bagian bawah perut. Beberapa wanita menggambarkannya mirip dengan mulas saat haid. Saat mulas bergerak ke bagian perut, kamu rasakan bagian perut mengeras.

Kejangnya terasa teratur, semakin seiring dengan kemajuan persalinan. Selama proses melahirkan, otot-otot tersebut semakin menebal dan memendek seiring tiap kontraksi. Proses ini berlanjut hingga pembukaan penuh, ukuran lebarnya antara 8-10 sentimeter.

5. Pecahnya air ketuban

Selain kontraksi, tanda melahirkan yang mudah dikenali adalah pecahnya air ketuban. Namun pada beberapa kasus, membran masih Utuh hingga akhir tahap pertama melahirkan. Kemudian, desakan kontraksi dan tekanan kepala bayi pada mulut serviks menyebabkan air ketuban pecah. Saat air ketuban mulai bocor, kamu akan merasakan semburan air atau rembesan air.

Seiring dengan pecahnya membran, proses melahirkan akan berlangsung cepat. Kepala bayi akan berusaha keras menekan serviks agar terbuka dan hal ini merangsang pelepasan prostaglandin untuk memacu kontraksi lebih lanjut.

Jadi, bagaimana bu, sudah tahu tanda-tanda yang menunjukkan kamu akan segera melahirkan? Jangan lupa berdoa dan siapkan mental serta pikiran positif!

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...