13 November 2018

5 Kiat Cegah Stres Jelang Pernikahan

KONFRONTASI-Pernikahan merupakan momen yang membahagiakan bagi banyak orang. Namun, saat menuju momen bersejarah ini sebagian calon pengantin mengaku merasa takut, stres hingga mendadak ragu pada pasangannya. Kondisi ini dinilai sebagai tekanan psikologis yang biasa muncul menjelang hari pernikahan.

Kondisi ini pun kerap dialami oleh banyak calon pengantin, khususnya mempelai wanita. Jika Anda merasakan hal yang sama, pastikan tidak panik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar lebih rileks menjelang hari pernikahan seperti dikutip dari Sociolla.

1. Siapkan mental dan mantapkan keyakinan
Hal yang wajib disiapkan setiap calon pengantin adalah kesiapan mental. Baik mempelai pria maupun wanita, keduanya harus tetap kuat dan teguh dalam menghadapi berbagai persoalan selama masa persiapan acara pernikahan. Jika ini saja bisa dilewati, Anda pun akan lebih sabar dan tenang saat menghadapi ujian rumah tangga yang datang di kemudian hari. Jika mental sudah siap, yakinkan juga diri Anda bahwa niat pernikahan karena perintah agama. Dengan begitu, segala ketakutan dan keraguan akan hilang dengan sendirinya.

2. Pastikan komunikasi dengan pasangan lancar
Sebagai pasangan yang akan hidup bersama, ada baiknya Anda dan dia dapat menjadi tim yang kompak. Terkadang, sikap pria yang cuek dapat menjadi pemicu stres wanita. Karena itu, libatkan pasangan Anda dalam setiap persiapan pernikahan. Ajak diskusi dan berikan ia tanggung jawab agar ia juga merasa dibutuhkan. Meski tekanan dan rasa khawatir Anda alami, namun sebaiknya Anda mengurangi rasa tersebut dengan berbagi bersama pasangan. Pasalnya, pernikahan tak hanya milik Anda, tapi juga dia.

3. Hindari kegiatan yang menyita tenaga dan pikiran
Jika Anda merupakan wanita aktif yang memiliki banyak kegiatan setiap harinya, mungkin inilah saat yang tepat untuk beristirahat dari segala aktivitas yang dapat menyita waktu, pikiran dan tenaga. Pasalnya, menyiapkan kebutuhan pernikahan bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kondisi fisik dan pikiran lelah. Selain kurang maksimal, hal ini memicu pertengkaran antara Anda dan pasangan.

4. Buat catatan khusus
Demi lancarnya acara pernikahan, tentunya Anda perlu lebih teliti dalam mengatur dan melaksanakan setiap rencana. Guna menghindari kemungkinan lupa, simpan semua rencana pernikahan dalam buku catatan, mulai dari yang penting hingga hal kecil. Cara ini bisa meminimalisir tekanan psikologis menjelang hari pernikahan.

5. Ingat kembali momen indah bersama pasangan
Agar tak terlalu lama larut dalam keraguan, cobalah untuk mengingat kembali alasan Anda ingin menikahi dia. Ingatkan juga diri Anda akan masa-masa indah bersama pasangan selama pacaran. Hal ini cukup efektif untuk memulihkan keraguan yang sempat muncul di hati. [mr/sindo]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...