22 October 2019

445 Pemukiman Liar di Kawasan Penambangan Antam Dibumihanguskan

Konfrontasi - Sebanyak 445 bangunan penambang liar di kawasan penambangan emas ilegal PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor dibumihanguskan.

Bangunan para penambang liar untuk mengolah hasil tambang emas yang diambil dari galian ilegal yang berada di kawasan Antam, yang sebagian besar bermaterial kayu, ludes dilalap si jago merah. Selain dibakar, bangunan juga dirobohkan petugas dengan menggunakan alat berat.

Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto mengatakan, penertiban para penambang liar hari ini tidak mendapat perlawanan dari warga. "Tadi saat penertiban tidak ada perlawanan dari warga. Jadi gubuk dibakar memang untuk memusnahkan," jelasnya, Sabtu (19/9/2015).

Selain memusnahkan perkampungan penambang liar, pihaknya mengklaim telah menutup 110 lubang dari total 117 lubang penambang liar yang berada di wilayah Antam

Sementara, untuk tujuh lubang lainnya harus ditutup dengan menggunakan teknologi filling atau mengisi lubang dengan semen agar tidak bisa dipergunakan kembali. Sementara, salah seorang pemilik gubuk, Mardi mengaku pasrah dengan penertiban ini.

"Ya saya pasrah, belum tahu harus kerja apa," ungkapnya sedih. (dtk/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...